Rabu 25 Nov 2020 19:31 WIB

Korea Uji Coba Layanan Robot di Restoran dan Rumah Sakit

Robot dapat mendistribusikan obat resep di rumah sakit atau hidangan di restoran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem Robotik, Ilustrasi
Foto: AP Photo
Sistem Robotik, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --  Penggunaan teknologi kian masif di Korea Selatan. Dengan robot generasi baru, LG menunjukkan teknologi dapat digunakan manusia di tempat umum, di mana Covid-19 cenderung lebih banyak cenderung lebih banyak beredar.

Robot dapat mendistribusikan obat resep di rumah sakit atau hidangan di restoran dan hotel. Layanan semacam itu saat ini sedang diuji di Korea Selatan.

Baca Juga

Robot canggih ini mampu berinteraksi dengan manusia tanpa membuat mereka berisiko lebih besar tertular virus. Dilansir dari Malay Mail, Rabu (25/11), rangkaian LG CLOi ServeBot dapat membawa dan mengirimkan makanan dan barang dengan cara yang otonom dan higienis.

Robot semacam itu saat ini digunakan di rumah sakit universitas nasional di Seoul, salah satu yang terbesar di negara itu. Misi mereka adalah mengambil dan mengirimkan materi kepada pasien, baik itu sampel darah, resep atau obat.

Di restoran, robot jenis ini dapat melayani seluruh meja berkat empat laci. Setiap robot dapat membawa hingga 20kg. Tugas mereka yang lain adalah membawa piring bekas dan peralatan makan kembali ke dapur. Penggunaan robot ini sangat mengurangi interaksi antara pelayan dan klien.

Di hotel, robot ini juga dapat mengirimkan apa yang telah dipesan klien secara daring atau melalui telepon langsung ke kamar mereka, tanpa risiko penularan virus. Konjiam Resort Seoul sudah menggunakan server otomatis ini.

Karena Covid-19 terus melumpuhkan banyak sektor, terutama di industri pariwisata, solusi robotik ini mungkin menjadi lebih umum di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement