Rabu 25 Nov 2020 14:11 WIB

Alasan Muslim Harus Pertahankan Al Aqsa dari Israel

Muslim diharap berjuang mempertahankan Al Aqsa dari Israel.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Alasan Muslim Harus Pertahankan Al Aqsa dari Israel. Foto:  Umat ??Muslim berkumpul untuk salat Jumat, di samping Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di kota tua Yerusalem, Jumat, 6 November 2020. Pimpinan Palestina mengecam keputusan Uni Emirat Arab untuk menjalin hubungan dengan Israel
Foto: AP/Mahmoud Illean
Alasan Muslim Harus Pertahankan Al Aqsa dari Israel. Foto: Umat ??Muslim berkumpul untuk salat Jumat, di samping Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di kota tua Yerusalem, Jumat, 6 November 2020. Pimpinan Palestina mengecam keputusan Uni Emirat Arab untuk menjalin hubungan dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Palestina adalah sebuah negeri Islam yang diberkahi, dan penduduknya adalah orang yang paling berhak untuk menempati negeri itu daripada yang lainnya. Palestina adalah negeri tempat Isra Nabi SAW dan tempat beliau bertolak mira'j ke langit.

Sedangkan Masjidil Aqsa yang terletak di Palestina adalah Masjid kedua di bumi yang dibangun setelah Masjidil Haram. Diriwayatkan dari Abu Dzar, dia berkata.

Baca Juga

"Aku bertanya kepada Rasulullah tentang masjid pertama yang dibangun di bumi."

Beliau menjawab, "Masjidil Haram."

 

"Aku bertanya lagi kemudian masjid apa lagi?" Beliau menjawab. "Masjidil Aqsa."

Aku bertanya lagi, "Berapa lama jarak pembangunan keduanya?" Beliau menjawab "40 tahun." (Bukhari, Muslim, Nasa'i).

Thariq As-Suwaidan dalam bukunya "Misteri Haji dan Umrah, Mengungkap Rahasia Besar Amalan Haji dan Umrah"

menuliskan, karena itu,  umat Muslim di seluruh dunia diharap menumbuhkan perhatian kaum muslimin terhadap permasalahan yang menimpa tanah Palestina yang penuh berkah ini, dan mengembalikannya sebagai tanah kaum muslimin lagi. Umat Islam seluruh dunia mesti bahu-membahu membantu menyaksikan permasalahan tanah Palestina yang terjajah.

"Kita berikan segala bantuan yang kita mampu kepada saudara-saudara kita yang terjajah, baik itu hartaku jiwa, waktu, rumah, maupun kontribusi lainnya," katanya.

Permasalahan Palestina adalah permasalahan paling utama yang menjadi perhatian kita. Kita harus mampu memberikan apa yang kita punya untuk menolong penyelesaian masalah tersebut baik itu berupa semangat, tulisan maupun ungkapan perasaan kita yang bisa memicu semangat untuk turut serta memperjuangkannya.

"Mari kita ulurkan tangan membantu perjuangan intifadah (perjuangan) anak-anak Palestina yang berjuang melawan tirani Israel dengan hanya bermodalkan batu. Mari kita dukung perjuangan mereka dan kobarkan semangat perjuangan untuk membasmi para penjajah yang menyiksa penduduk Palestina, baik secara materiil ataupun moril," tulis Thariq.

Di samping itu, umat Islam juga diharap memanjatkan untaian doa kepada Allah siang dan malam, agar dia segera menyingkap awan kelam yang menyelimuti kaum muslimin di Palestina dan menghilangkan segala kesusahan mereka di dunia, serta membasmi ke jaliman yang menghantui kehidupan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement