Rabu 25 Nov 2020 11:26 WIB

Roy Suryo: Polisi Telusuri Waktu Pembuatan Video Mirip Gisel

Dari hasil pelacakan sementara ditemukan kemiripan sebesar 74 persen.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Roy Suryo
Foto: Republika/Erik Iskandarsjah Z
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar telematika Roy Suryo menilai video asusila mirip artis Gisella Anastasia yang tersebar di berbagai platform media sosial tersebut direkam ulang dari aslinya menggunakan ponsel. Namun ia tetap berharap polisi bisa memastikan metadata atau timestampped dari video asli rekaman berdurasi 19 detik mirip Gisel.

"Dengan piranti lunak untuk menelusuri kapan video itu dibuat polisi akan bisa memastikan keaslian sepasang pelakon video itu. Tinggal dicocokkan dengan contoh wajah Gisel pada bulan dan tahun yang sama," ujar mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut dalam pesan singkatnya, Rabu (25/11).

Kemudian, menurut Roy, dari hasil pelacakan sementara ditemukan kemiripan sebesar 74 persen antara sosok Gisel dengan wanita pemeran video asusila tersebut. Untuk mengujinya, pertama sampel wajah dari video tersebut diperbandingkan dengan materi yang sudah bisa dipastikan keasliannya.

Sebagai pembanding dari artis yang disebut-disebut "mirip" tersebut. Dari keduanya dibuat matrix yang meliputi perbandingan bentuk wajah, mata, hidung, bibir, jarak masing-masing diantaranya dan sebagainya.

"Memang secara ilmiah dan scientific tingkat kemiripannya masih di bawah 75 persen, tepatnya adalah antara 72 persen sampai dengan 74 persen dengan software face comparator (recognizer)," ungkap mantan Anggota DPR RI tersebut.

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan sampai dengan detik ini tim penyidik masih terus mengidentifikasi wajah pemeran video asusila mirip artis Gisel. Jadi hingga hingga saat ini hasil siapa wajah pemeran dalam video syur itu belum ada, baik pemeran wanita maupun prianya. Termasuk dari saksi ahli forensik.

"Ahli forensik wajah sedang bekerja dan hasilnya sampai dengan saat ini belum ada. Jadi kalau belum ada, belum bisa kami pastikan. Jangan bilang sementara, ada yang bilang kemungkinan tidak ada," tegas Yusri saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/11).

Oleh karena itu, Yusri meminta agar semuanya menunggu sampai dengan hasil penyelidikan selesai. Serta tidak berspekulasi dan berandai-andai terkait penyelidikan kasus asusila mirip Gisel tersebut.

Ia juga menegaskan, penyidik tidak akan mungkin menyampaikan setengah-setengah. Saksi Gisel sendiri sudah diperiksa beberapa waktu lalu, atas perkembangan daripada dua tersangka berinisial PP dan MN.

"Jadi jangan terlalu melangkah jauh sekali nanti hasilnya seperti apa, nanti akan dianalisa lagi di-anev lagi oleh penyidik. Apakah kemungkinan akan memeriksa kembali kita tunggu saja hasil penyelidikan seperti apa," kata Yusri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement