Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Jokowi: Zaman Boleh Berganti, Semangat Guru tak Pernah Surut

Rabu 25 Nov 2020 10:43 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

 Presiden Indonesia Joko Widodo

Presiden Indonesia Joko Widodo

Foto: EPA-EFE/APEC CEO Dialogues 2020
Tantangan yang dihadapai para guru dalam mengajar anak didiknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah pesan untuk memperingati Hari Guru yang jatuh pada Rabu (25/11) ini. Jokowi menceritakan bagaimana zaman terus berubah, namun semangat para guru dalam mendidik murid-muridnya tak pernah surut. 

"Pernah ada masa di negeri ini guru mengajar di sekolah dengan murid yang menggunakan sabak. Seiring dengan kemajuan peradaban, sabak berganti kertas, papan tulis berganti whiteboard, dan kapur berganti spidol," tulis Jokowi memulai. 

Ia menyebutkan, tantangan zaman pun terus berubah. Termasuk tantangan yang dihadapai para guru dalam mengajar anak didiknya. Seperti yang terjadi selama pandemi Covid-19 melanda, dengan murid yang hanya bisa belajar dari rumah dengan memanfaatkan komputer dan telepon pintar. Guru pun demikian, harus menyampaikan materi dengan cara yang tak biasa. 

Baca Juga

"Zaman boleh berganti, tantangan bisa berbeda, tapi satu yang tak berubah: kegigihan, ketangguhan, dan semangat para guru untuk mengajar dan mendidik anak-anak Indonesia tak pernah surut barang sejengkal. Terima kasih guru," kata Presiden Jokowi. 

Selain tulisan, Jokowi juga mengunggah sebuah karikatur yang menggambarkan dua orang guru sedang mengembangkan layar perahu. Di atas perahu, ada siswa SD sampai mahasiswa yang ikut jadi penumpang. Karikatur tersebut menggambarkan betapa penting peranan guru yang membimbing dan menyiapkan bekal pendidikan bagi anak-anak, hingga mencapai jenjang pendidikan lebih tinggi. "Selamat hari guru nasional," tulis Jokowi dalam karikatur tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA