Selasa 24 Nov 2020 15:21 WIB

Solskjaer Apresiasi Aturan UEFA yang Jaga Kesehatan Pemain

Solskjaer punya banyak pilihan dengan makin banyak pemain di bangku cadangan.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
 Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer.
Foto: AP
Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer mendukung peningkatan jumlah pemain dalam satu pertandingan di Liga Champions. Ia yakin isolasi membebani mereka yang tidak terlibat.

Solskjaer sedang mempersiapkan timnya untuk pertemuan dengan Istanbul Basaksehir di Liga Champions pada Rabu (25/11) dini hari WIB. Selain diberi kesempatan untuk mengganti lima pemain dalam satu laga, yang mengurangi kemungkinan para pemain menjadi lelah, dia juga dapat mendaftarkan lebih banyak pemain dalam satu pertandingan. Jumlahnya lebih besar dari yang diizinkan di Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Ketika United menempuh perjalanan ke Istanbul pada awal November, Solskjaer memiliki 12 pemain di bangku cadangan. Ketika itu timnya menderita kekalahan 2-1 dari Istanbul Basaksehir.

Pasukan tambahan pada hari pertandingan yang diizinkan di Eropa memberi manajer lebih banyak opsi dari sudut pandang taktis. Dari sisinya, Solskjaer merasa ada manfaat tak berwujud karena para pemain mendapat manfaat secara mental dari keterlibatan daripada menjalani isolasi di rumah.

"Jadi saya suka lima pemain pengganti, saya juga menyukai ukuran skuat karena para pemain merasa terlibat, terutama selama lockdown," kata Solskjaer dilansir Goal, Selasa (24/11).

Ia mengatakan, kadang-kadang jika satu pemain diberi tahu tidak berada dalam skuat, orang itu harus tetap tinggal di rumah. 

"Anda tidak dapat pergi dan melihat teman Anda atau melihat pertandingan dengan seorang teman. Itu kesejahteraan mental lain yang harus kami jaga dengan para pemain. Jadi saya menyukai Liga Champions,” ujarnya.

United menempati posisi teratas di Grup H Liga Champions dengan nilai enam, menjelang pertandingan Rabu WIB. Namun Setan Merah dalam posisi tidak aman menyusul kekalahan mengejutkan di Turki pada 4 November.

Solskjaer tidak memiliki kemewahan untuk dapat merotasi skuadnya, tetapi dia telah mengakui ingin mengistirahatkan elandang Bruno Fernandes pada tahap tertentu. Pemain asal Portugal itu sangat penting dalam cara bermain United, tetapi Setan Merah sedang menuju periode 11 pertandingan sebelum pergantian tahun. Solskjaer ingin memberi istirahat bagi pemain bintangnya.

"Bruno tidak akan bisa bermain di setiap pertandingan, itu pasti," kata Solskjaer. "Jadi ketika dia hanya memainkan satu setengah pertandingan dengan Portugal selama jeda internasional, saya sangat senang."

Setelah pertandingan melawan Basaksehir, United bertandang ke Southampton dan itu mungkin saatnya waktu untuk mengistirahatkan Fernandes. Sebab setelah pertandingan itu, Paris Saint-Germain menanti di Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement