Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Arab Saudi akan Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Warganya

Selasa 24 Nov 2020 10:51 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Karta Raharja Ucu

Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.

Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.

Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Saudi menyatakan vaksin yang disediakan harus aman dan efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi akan memberikan vaksin Covid-19 gratis untuk semua orang yang tinggal di negara Timur Tengah tersebut. Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Senin (23/11) menjelaskan, tujuan pemberian vaksin ini untuk menekan kasus Covid-19.

"Vaksin Covid-19 akan tersedia untuk semua orang di Arab Saudi secara gratis. Kami berharap memiliki cukup vaksin untuk mencakup 70 persen dari populasi negara pada akhir 2021," jelas Kementerian Kesehatandalam laporannya dilansir dari Alarabiya, Senin (23/11).

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Abdelali mengatakan Kerajaan akan menyediakan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif. "Setiap vaksin harus aman, efektif, dan disetujui oleh otoritas terkait," katanya.

Perlombaan untuk memproduksi vaksin melawan virus Covid-19 telah menghasilkan beberapa kandidat terdepan. Pfizer dan Moderna telah mengumumkan awal bulan ini kandidat vaksin yang berhasil, masing-masing lebih dari 90 persen efektif.

Rusia juga mengumumkan pada 9 November bahwa vaksin coronavirus Sputnik V lebih dari 90 persen efektif. AstraZeneca mengumumkan pada Senin, vaksin buatan mereka yang dikembangkan Universitas Oxford, 90 persen efektif dalam mencegah Covid-19.

Para pemimpin dari 20 negara ekonomi terbesar di dunia (G20) berkomitmen pada akhir KTT G20 Riyadh, memastikan distribusi yang adil dari vaksin terhadap virus corona di seluruh dunia. Setelah KTT virtual yang diselenggarakan oleh Arab Saudi, para pemimpin G20 mengatakan telah berkomitmen menggunakan segala upaya dalam menangani pandemi.

"Kami telah memobilisasi sumber daya untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan segera dalam kesehatan global untuk mendukung penelitian, pengembangan, pembuatan, dan distribusi vaksin Covid-19 yang aman dan efektif," kata para negara tersebut di komentar akhirnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA