Senin 23 Nov 2020 21:49 WIB

Milner Jadi Jawaban Sosok Pengganti Bek Kanan Liverpool

Bek kanan Trent Alexander-Arnold cedera karena cedera betis.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
James Milner.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
James Milner.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool kehilangan tiga dari lima penggawa andalan di lini belakang. Selain Virgil Van Dijk dan Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold juga harus absen lantaran mengalami cedera betis. 

Kehilangan Alexander-Arnold pun dianggap menjadi pukulan berat buat pelatih Jurgen Klopp. Pasalnya, meski baru berusia 22 tahun, Alexander-Arnold sudah menjadi andalan Klopp di posisi bek kanan.

Baca Juga

Selain piawai mengawal sisi kanan pertahanan the Reds, Alexander-Arnold dianggap mampu memberikan kontribusi besar dalam skema penyerangan Liverpool, terutama lewat penetrasi dari sisi kiri lapangan lawan. Pun dengan akurasi dan kemampuan bek sayap asal Inggris itu dalam melepaskan umpan-umpan lambung. 

Kendati begitu, mantan bek kiri Manchester United Patrice Evra menyebut, Klopp ataupun fan Liverpool tidak perlu khawatir dengan absennya Alexander-Arnold. Kekhawatiran soal kosongnya posisi bek kanan bisa dijawab oleh James Milner. Mantan pemain Manchester City itu dikenal sebagai sosok yang serba guna dan bisa ditempatkan di berbagai posisi, mulai dari sayap kanan hingga bek kanan ataupun bek kiri.

Evra menilai, meski Milner mengawali karier sebagai gelandang, tapi kemampuan bertahan pemain asal Inggris itu patut diacungi jempol. Eks pemain bertahan Juventus itu pun memuji kemampuan Milner untuk bisa tampil di berbagai posisi. 

"Dia salah satu pemain favorit saya. Saat saya menghadapi, saya sering kerepotan. Dia benar-benar pemain yang piawai saat bertahan, mungkin lebih bagus dari saya. Bahkan, Anda bisa menempatkan dia sebagai penjaga gawang dan dia akan melakukan tugasnya itu dengan baik," kata Evra seperti dilansir Liverpool Echo, Senin (23/11).

Seiring dengan cedera yang dialami Alexander-Arnold, Klopp tidak memiliki banyak pilihan di posisi bek kanan. Setelah Nathaniel Clyne meninggalkan the Reds, Neco Williams menjadi satu-satunya bek kanan senior di tim utama. Namun, Klopp ternyata lebih memilih menurunkan Milner di posisi tersebut.

Pemain berusia 34 tahun itu dipercaya menggantikan Alexander-Arnold di posisi bek kanan kala Liverpool menghadapi Leicester City pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Senin (23/11) dini hari WIB. Pada laga perdana setelah jeda internasional tersebut, Liverpool sukses mencukur the Foxes 3-0.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement