Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

DFB Evaluasi Kondisi Timnas Jerman

Senin 23 Nov 2020 19:37 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Timnas Jerman (ilustrasi)

Timnas Jerman (ilustrasi)

Foto: EPA/Tom Kalnins
Tiimnas Jerman tak meyakinkan sepanjang tahun ini, terakhir dibantai Spanyol 0-6.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) akan mengevaluasi situasi dan kondisi terkini tim utama Die Mannschaft. Langkah ini diambil DFB setelah penampilan kurang meyakinkan timnas Jerman sepanjang tahun ini. Terutama setelah Jerman menelan kekalahan memalukan dari Spanyol 0-6 pada laga pamungkas penyisihan Grup A4 UEFA Nations League, pekan lalu.

Rencananya, Direktur Timnas Jerman Oliver Bierhoff akan menggelar pertemuan dengan DFB guna membahas kondisi dan situasi yang dihadapi Die Mannschaft saat ini, Pertemuan itu akan digelar pada 4 Desember. Selain mengevaluasi perkembangan timnas Jerman dalam dua tahun terakhir, pertemuan itu juga akan membahas penyebab kekalahan Jerman dari Spanyol.

"Dalam pertemuan tersebut, Bierhoff akan mempresentasikan dan mengevaluasi situasi yang kini tengah terjadi di timnas Jerman. Pengalaman kekalahan dari Jerman akan menjadi salah satu aspek yang akan dibahas di pertemuan itu. Selain itu, diskusi itu juga akan membahas perkembangan timnas Jerman dalam dua tahun terakhir," tulis pernyataan resmi DFB seperti dilansir Reuters, Senin (23/11).

Baca Juga

Kekalahan 0-6 dari Spanyol menandai catatan terburuk timnas Jerman di pentas internasional. Ini menjadi kekalahan terbesar Die Mannschaft sepanjang partisipasinya mereka di partai kompetitif, yang berada di naungan FIFA. Terakhir kali timnas Jerman menelan kekalahan 0-6 saat menyerah di tangan Austria dalam laga persahabatan pada 1931.

Kekalahan dari La Roja juga membuat Die Mannschaft gagal ke empat besar UEFA Nations League dalam dua musim beruntun. Bahkan, dalam tiga kompetisi terakhir, timnas Jerman tidak pernah mampu melangkah ke fase selanjutnya. Dari segi catatan performa, Die Mannschaft hanya memetik tiga kemenangan dari delapan laga terakhir di semua ajang.

Sejak tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018, pelatih Joachim Loew telah melakukan berbagai upaya perombakan tim, termasuk dengan tidak memanggil lagi Thomas Mueller, Matts Hummel, dan Jerome Boateng demi bisa memberikan kesempatan pada para pemain muda. Namun, kebijakan ini belum memberikan hasil yang signifikan buat peningkatan performa Die Mannshacft. Kelanjutan kiprah Loew sebagai pelatih timnas Jerman pun terus menjadi sorotan.

"Dewan DFB sepakat untuk melakukan evaluasi apa yang terjadi di timnas pada saat ini. Pelatih masih memiliki waktu untuk menganalisa situasi yang terjadi. Di level olahraga, waktu ini bisa digunakan untuk menganalisa kekalahan dari Spanyol, sementara di level personal, waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk melepaskan rasa frustrasi dari kekalahan itu," lanjut pernyataan resmi DFB tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA