Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Empat Kriteria Fresh Graduate yang Dicari Perusahaan

Senin 23 Nov 2020 12:51 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Perusahaan hanya menerima karyawan yang bisa menangani pekerjaan dengan baik.

Meski memiliki IPK tinggi, tak ada jaminan bagi fresh graduate mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Sama seperti seleksi lainnya, perusahaan juga akan memiliki banyak pertimbangan saat melakukan rekrutmen karyawan.

Bagi perusahaan, menemukan karyawan yang tepat merupakan poin penting dalam proses rekrutmen. Hal ini berlaku untuk semua karyawan, baik itu yang sudah berpengalaman maupun fresh graduate

Perusahaan hanya akan menerima karyawan yang bisa menangani pekerjaan dengan baik, termasuk membantu perkembangan perusahaan kedepannya. Semua ini jelas membutuhkan berbagai keterampilan dan kemampuan dasar yang baik dari karyawan yang bersangkutan. 

Jika kamu adalah fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan dan ingin cepat diterima kerja di perusahaan, pastikan kamu memenuhi berbagai kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut dengan baik.

Berikut beberapa kriteria fresh graduate yang disukai dan banyak dicari perusahaan.

 

1. Aktif dan pekerja keras

kerja
Aktif dan pekerja keras

Banyak hal yang harus dipelajari di dalam dunia kerja, semua ini bahkan akan cukup rumit dan melelahkan. Untuk bisa memahami lingkungan kerja dan juga berbagai tantangan di dalamnya, perusahaan membutuhkan karyawan yang aktif.

Karyawan yang seperti ini pada umumnya memiliki inisiatif untuk belajar dan menguasai tugas-tugasnya dengan lebih cepat. Hal ini patut menjadi salah satu modal utama bagi fresh graduate seperti kamu, sebab pekerjaan tentu tidak akan bisa menunggu dan ditunda sebagaimana tugas-tugas kuliahmu di kampus.

Perusahaan juga menginginkan karyawan yang pekerja keras dan terbiasa menangani berbagai tugas dengan cepat. Sikap yang satu ini akan menjadi nilai jual kamu, apalagi jika kamu terbiasa menangani tugas dengan cara yang tepat. Kamu akan terbiasa dengan target yang tinggi, bahkan deadline yang ketat. 

Bagi pihak perusahaan, karyawan yang aktif dan pekerja keras akan selalu menjadi sosok yang dapat diandalkan untuk menangani berbagai tugas. Mereka menginginkan yang seperti ini, terutama untuk berbagai jabatan yang cukup penting di dalam perusahaan.

Baca Juga: Fresh Graduate, Buang Jauh-jauh Sikap Jelek Ini Saat Melamar Kerja

2. Suka tantangan 

Banyak hal yang tidak terduga di dalam dunia kerja, beberapa masalah bahkan bisa saja muncul secara tiba-tiba. Semua ini membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat dari karyawan yang berkaitan. Perusahaan akan menyukai fresh graduate yang senang dengan tantangan dan selalu siap untuk menghadapi berbagai masalah di dalam perusahaan. 

Pada dasarnya perusahaan tidak akan selalu tenang, sebab bisnis tentu mengalami pasang surut dan kerap menghadapi berbagai masalah. Untuk mengatasi semua ini, perusahaan akan mengandalkan kemampuan para karyawannya. 

3. Inovatif

inovasi
Inovatif

Berbagai masalah dan hal tak terduga bisa terjadi di dalam perusahaan, semua ini tentu membutuhkan penanganan yang tepat. Perusahaan akan menyukai karyawan yang inovatif dan memiliki kemampuan yang bagus dalam menyelesaikan masalah. 

Karyawan yang memiliki ide dan solusi tentu akan menjadi prioritas, sebab sosok yang seperti ini akan dapat membantu perusahaan mengatasi masa-masa sulit. Saat melakukan rekrutmen, perusahaan bahkan akan fokus mencari karyawan yang dapat mengatasi berbagai masalah di bidang tertentu yang mereka butuhkan. Hal ini bisa dilihat dari proses rekrutmen, termasuk berbagai pertanyaan yang akan diajukan selama wawancara oleh pihak perusahaan. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Pekerjaan Pertama, Ini 6 Pelajaran Berharga yang Fresh Graduate Dapatkan

4. Menguasai bahasa asing dengan baik

Bahasa yang baik menjadi salah satu nilai lebih bagi para karyawan, terutama yang bekerja di perusahaan besar. Bukan hanya Bahasa Indonesia saja, namun juga bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Inggris. 

Dunia kerja sudah cukup luas dan terbuka saat ini, terutama dengan mudahnya jaringan internet yang memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak peluang kerja. Kamu memiliki kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan besar, bahkan perusahaan asing sekalipun. Namun semua ini hanya akan memungkinkan, jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

Perusahaan akan lebih menyukai karyawan yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Hal ini dianggap memudahkan, apalagi jika ternyata perusahaan memiliki banyak kerjasama atau bahkan urusan lainnya dengan perusahaan asing. Mengasah kemampuan berbahasa asing akan menguntungkan kamu, terutama dalam level bisnis dan bahasa sehari-hari yang bisa memudahkan kamu berkomunikasi dengan lancar.

Siapkan Diri untuk Bekerja 

Saat masih menjadi fresh graduate seperti sekarang ini, kamu tentu membutuhkan banyak usaha untuk mendapatkan pekerjaan. Siapkan diri untuk bekerja, dengan begitu kamu akan memahami apa saja yang diinginkan perusahaan. Bekali diri dengan ilmu-ilmu dunia kerja, agar kamu bisa menjadi fresh graduate yang siap untuk direkrut perusahaan dan mendapatkan karir cemerlang di masa yang akan datang.

Baca Juga: 6 Kunci Sukses Membangun Karier Bagi Fresh Graduate

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA