Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Pemerintah Diminta tak Repot Urus Tes Usap Habib Rizieq

Senin 23 Nov 2020 11:08 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari

Pengacara Habib Rizieq Shihab mengatakan rencana tes usap Covid-19 atas Rizieq bukan urusan siapapun. Pengacara heran mengapa hanya Rizieq yang didesak jalani tes usap.

Pengacara Habib Rizieq Shihab mengatakan rencana tes usap Covid-19 atas Rizieq bukan urusan siapapun. Pengacara heran mengapa hanya Rizieq yang didesak jalani tes usap.

Foto: republika
Pengacara mengatakan Rizieq saat ini dalam kondisi sehat bugar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) dikabarkan bakal menjadi tes usap Covid-19 secara mandiri. Pengacara Rizieq, Aziz Yanuar, meminta pemerintah tak perlu repot mengurusi tes usap Rizieq karena ia memiliki tim kesehatan sendiri.

Aziz menyatakan, Rizieq saat ini berada dalam kondisi sehat. Aziz membantah isu yang menyebut kondisi kesehatan Rizieq mengalami gangguan usai tiba di Tanah Air.

"Beliau sehat wal afiat bugar dan untuk swab dan lainnya itu kami ada tim dari HILMI dan MER-C, jadi pemerintah tidak perlu repot dan mengistimewakan HRS dan FPI," kata Aziz pada Republika, Senin (23/11).

Aziz mengingatkan pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib tahanan di Mabes Polri yang berpotensi tertular Covid-19. Ia merasa heran karena Rizieq saja yang didesak menjalani tes usap.

"Jika alasannya kesehatan, kemanusiaan mohon perhatikan klaster Mabes Polri di mana Gus Nur dkk ditahan," ujar Aziz.

Aziz mengungkap sudah dua kali dimohonkan penangguhan penahanan dengan alasan kesehatan dan penyebaran Covid-19. Sebab Gus Nur ditahan bersama dengan para tahanan yang positif Covid-19. Namun permohonan yang dijaminkan oleh anggota DPR Habiburokhman tidak ditanggapi.

"Akhirnya beliau (Gus Nur) dirawat di RS Polri 3 hari diduga karena Covid-19 dan malah saat ini dikembalikan ke rutan Mabes Polri. Ini kalau dari sisi kemanusiaan dan kesehatan bagaimana? sudah jelas Covid-19 dan menyebar kenapa sibuk dengan yang sehat dan bugar," keluh Aziz.

Sebelumnya disebut Rizieq akan menjalani tes usap Covid-19 secara mandiri setelah dikabarkan jatuh sakit beberapa hari setelah terjadi keramaian pada hari akad pernikahan anaknya. Hal tersebut dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto setelah perwakilannya menemui Rizieq di kediamannya Jalan Petamburan III Jakarta Pusat.

“Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri,” ujar Heru di Jakarta, Ahad (22/11).

Heru mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap Covid-19 pada Sabtu (21/11). Hal itu dilakukan setelah mendapat info bahwa Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar Covid-19.

Namun, Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Sehingga, pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah. Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap Covid-19 secara mandiri, tanpa fasilitas pemerintah.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA