Senin 23 Nov 2020 10:44 WIB

Jokowi Minta Kepastian Kedatangan Vaksin Covid-19

Jokowi juga minta kepastian persiapan pelaksanaan dan distribusi vaksin.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Petugas medis (kanan) menyimulasikan pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Petugas medis (kanan) menyimulasikan pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepastian kapan vaksin Covid-19 bisa sampai ke Indonesia. Jokowi menilai, seharusnya proses administrasi pembelian vaksin seperti proses pembayaran sudah dilakukan saat ini.

Hal ini disampaikannya saat membuka rapat terbatas laporan komite penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11) pagi.

Baca Juga

“Saya nanti akan minta laporan yang pertama mengenai vaksin sampai di tangan kita kapan, karena ini sudah prosesnya, mestinya proses-proses administrasi, proses pembayaran mestinya sudah dilakukan,” ujar Jokowi.

Selain itu, ia juga meminta kepastian persiapan pelaksanaan vaksinasi, baik terkait proses distribusi vaksin Covid ke seluruh daerah di Tanah Air dan juga persiapan untuk keamanan vaksin.

“Persiapan untuk cold chain, sealer-nya seperti apa dan proses administrasi menuju ke tahapan-tahapan BPOM yang berkaitan dengan emergency used of authorization seperti apa, saya ingin mendapatkan laporannya,” tambah dia.

Presiden sebelumnya juga telah meninjau simulasi pelaksanaan vaksinasi di Kota Bogor. Ia mengaku masih akan terus memantau persiapan pelaksanaan vaksinasi di beberapa daerah. Sehingga vaksinasi yang akan dilakukan nanti dapat berjalan aman dan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement