Senin 23 Nov 2020 10:35 WIB

Vaksin Covid-19 di AS akan Tersedia Desember

Vaksin akan didistribusikan dalam 24 jam setelah disetujui otoritas AS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fuji Pratiwi
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Warga Amerika Serikat (AS) akan menerima vaksin Covid-19 paling cepat pada 11 Desember mendatang.
Foto: Infografis Republika.co.id
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Warga Amerika Serikat (AS) akan menerima vaksin Covid-19 paling cepat pada 11 Desember mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Warga Amerika Serikat (AS) akan menerima vaksin Covid-19 paling cepat pada 11 Desember mendatang.

Kepala Program Vaksin Covid-19 AS, Dr Moncef Slaoui menyampaikan, rencana vaksin dikirim ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam setelah disetujui.

Baca Juga

Perusahaan farmasi AS Pfizer dan mitranya BioNTech mengajukan permohonan otorisasi darurat vaksin Covid-19 mereka di AS. Data uji coba lanjutan menunjukkan vaksin mereka melindungi 94 persen orang dewasa di atas 65 tahun.

Komite Penasihat Vaksin Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) diharapkan bertemu pada 10 Desember. "Mungkin pada hari kedua setelah persetujuan, pada tanggal 11 atau 12 Desember," ujar Dr Slaoui, dikutip BBC.

Komentar itu muncul di tengah lonjakan kasus virus corona di AS. AS telah mencatat lebih dari 12 juta kasus dan 255 ribu kematian, menurut data yang dikumpulkan Universitas Johns Hopkins. Ini adalah jumlah tertinggi yang tercatat di mana pun di dunia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah memperingatkan, kasus virus corona meningkat pesat di seluruh negeri.

Korban tewas setiap hari telah mencapai level tertinggi sejak Mei.

CDC telah mendesak warga AS menghindari perjalanan untuk liburan Thanksgiving pada 26 November guna mencegah peningkatan infeksi.

Thanksgiving biasanya menandai pekan tersibuk di sektor jasa transportasi di AS. Tahun lalu, diperkirakan 26 juta orang menggunakan jasa bandara negara itu dalam sepekan menjelang liburan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement