Senin 23 Nov 2020 10:28 WIB

Jalan Utama di Dubai Diubah Jadi Jalur Sepeda

Bagian jalan arteri utama Dubai diubah menjadi jalur bersepeda sepanjang 14 km

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Bagian jalan arteri utama Dubai, Sheikh Zayed Road, diubah menjadi jalur bersepeda sepanjang 14 km.
Foto: Arab News
Bagian jalan arteri utama Dubai, Sheikh Zayed Road, diubah menjadi jalur bersepeda sepanjang 14 km.

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Bagian jalan arteri utama Dubai, Sheikh Zayed Road, diubah menjadi jalur bersepeda sepanjang 14 km. Perubahan ini dilakukan untuk pertama kalinya sebagai bagian dari Dubai Fitness Challenge 2020.

Lebih dari 20.000 pengendara sepeda akan berpartisipasi dalam kegiatan Dubai Ride 2020 perdana ini. Kompetisi ini menandai tonggak sejarah baru dalam perjalanan kebugaran negara tersebut.

Dipelopori oleh Putra Mahkota Dubai dan Ketua Dewan Eksekutif Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, para pengendara sepeda akan melaju di jalan-jalan sejak pukul 05:00. Ada dua rute yang dilewati di jantung kota, yakni 14 km di Sheikh Zayed Road dan rute keluarga 4 km di sekitar Sheikh Mohammed bin Rashid Boulevard.

Dilansir di Arab News, Senin (23/11), Putra Mahkota memuji tanggapan masyarakat yang luar biasa atas kegiatan tersebut. Partisipasi yang tinggi mencerminkan kesadaran yang terus berkembang tentang pentingnya kebugaran dan manfaat mengintegrasikan kegiatan olahraga ke dalam gaya hidup.

Sheikh Hamdan mendorong masyarakat untuk mencari cara sederhana memasukkan aktivitas kebugaran dalam rutinitas harian mereka. Dengan demikian, ia menyebut warga Dubai dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, serta kebahagiaan.

Sheikh Hamdan bin Mohammed menyampaikan apresiasinya atas upaya penyelenggara serta dukungan yang diberikan oleh pemangku kepentingan. Antusiasme yang ditunjukkan para peserta dan dukungan yang ada jika digabungkan disebut dapat menyukseskan acara tersebut.

Penggemar bersepeda sangat antusias menjajal rute Sheikh Zayed Road sepanjang 14 km dengan kedua arah jalan raya dibuka khusus untuk pengendara sepeda. Atlet internasional maupun klub dan komunitas bersepeda terkemuka kota, bergabung dengan pengendara lainnya untuk menikmati pengalaman bersepeda sekali seumur hidup di sekitar landmark ikonik Dubai.

Beberapa landmark yang dilewati termasuk Emirates Towers, The Museum of the Future, dan Dubai World Trade Center ( DWTC). Bagi keluarga dan anak-anak berusia lima tahun dapat menikmati jalur bersepeda sejauh 4 km di sekitar Souk Al Bahar, Opera Dubai, Air Mancur Dubai dan Burj Khalifa.

Jaringan pemangku kepentingan lokal memberikan dukungan yang luar biasa untuk acara Dubai Ride. Sektor publik dan swasta bersatu untuk memberikan berkontribusi dalam mewujudkan visi kota, merangkul gaya hidup yang lebih sehat.

Organisasi pemerintah, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya bergabung sebagai peserta, dalam pengaturan jaga jarak sosial. Hal ini menjadi komitmen Dubai menciptakan lingkungan yang aman bagi orang-orang agar aktif secara fisik.

Dubai Ride ini diselenggarakan oleh Dubai Tourism dan Dubai Sports Council. Acara tersebut menghadirkan pula mitra DP World, mitra asosiasi Emirates NBD, Etisalat dan Mai Dubai, mitra resmi Arabian Radio Network (ARN), Daman, EMAAR, Shield ME dan Talabat.

Mitra pemerintah yaitu Komite Keamanan Acara, Otoritas Kesehatan Dubai (DHA), Otoritas Pengembangan Manusia dan Pengetahuan Dubai (KHDA), Polisi Dubai, Kementerian Pendidikan dan Otoritas Jalan & Transportasi (RTA). Dubai Fitness Challenge 2020 akan berlanjut hingga 28 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement