Senin 23 Nov 2020 00:20 WIB

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Ini yang Dilakukan Kemenkes

Saran dan prasarana kesehatam terus ditingkatkan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku melakukan beberapa upaya antisipasi jika kasus penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) di Tanah Air melonjak. Di antaranya menyiapkan sarana prasarana di fasilitas kesehatan (faskes).

"Jika terjadi kenaikan pasien antara 50 hingga 100 persen maka Kemenkes telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambahkan kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19," ujar Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir dalam konferensi pers virtual BNPB bertema 'Update Pemeriksaan, Pelacakan dan Perawatan Covid-19' di Jakarta, Ahad (22/11).

Baca Juga

Sehingga, dia melanjutkan, rumah sakit masih dapat menampung pasien. Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan menambah ruang isolasi dan menambah ruang ICU. Kendati demikian, ia mengeklaim keterisian ruang perawatan di rumah sakit baru sekitar 50 persen. Selain itu, pihaknya memastikan ketersediaan obat dan juga buffer stock obat juga mencukupi. Demikian juga dengan ketersediaan peralatan kesehatan.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami mengimbau semua masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan pakai sabun," ujarnya. Ia menegaskan, upaya ini penting untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement