Ahad 22 Nov 2020 10:13 WIB

Umroh di Tengah Pandemi, Himpuh Berangkatkan 74 Jamaah

Jamaah umroh tahap kedua mulai diberangkatkan ke tanah suci

Rep: Eva Rianti / Red: Muhammad Subarkah
Jamaah umroh di Masjidil Haram
Foto: Republika TV/Sadly Rachman
Jamaah umroh di Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Himpunan Penyelenggara Haji dan Umroh (Himpuh) memberangkatkan sebanyak 74 jamaah ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umroh, Ahad (22/11). Pemberangkatan puluhan jamaah umroh itu merupakan fase ke-4 di masa pandemi setelah sebelumnya sempat ditunda.

"Alhamdulillah dibuka kembali fase ke-4 oleh Pemerintah Saudi. Hari ini ada 74 jamaah yang berangkat. Tiga orang pendamping," tutur Ketua Himpuh Budi Darmawan di Bandara Soekarno Hatta, Ahad (22/11).

Dengan diperbolehkannya kembali Indonesia menerbangkan jamaah umroh ke Arab Saudi, Budi menuturkan akan memperketat penerapan dan pengawasan terkait kedisiplinan protokol kesehatan. Diantaranya menjalankan tes swab dan karantina sesuai aturan.

Di samping itu, salah satu hal yang ditekankan olehnya adalah terkait dengan penggunaan laboratorium untuk tes swab yang benar-benar akurat. 

"Dalam program tes swab, laboratorium yang ada di Indonesia disesuaikan dengan aturan main yang diberikan oleh Airlines dan diketahui oleh pihak daripada pemberi visa dari Pemerintah Arab Saudi. Itu akan dilakukan," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka kesempatan ibadah umroh bagi umat muslim, termasuk di Indonesia. Fase 1, 2, dan 3 telah diberangkatkan sebelumnya pada 1, 3, dan 8 November 2020. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement