Ahad 22 Nov 2020 08:20 WIB

G20 Diharapkan Bersatu Hadapi Pandemi

G20 mengemban tanggung jawab untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
G20 mengemban tanggung jawab untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19.
Foto: EPA
G20 mengemban tanggung jawab untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Negara-negara yang tergabung dalam kelompok 20 ekonomi utama dunia (G20) diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kerja sama menghadapi pandemi Covid-19. G20 juga diharapkan bersatu menghadapi tantangan dunia lainnya seperti dampak perubahan iklim, kesenjangan, dan kebutuhan mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan.

Harapan itu disampaikan oleh sejumlah pemimpin negara anggota G20. Di antaranya Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. Pernyataan itu disampaikan beberapa jam sebelum pertemuan para pemimpin G20 yang diadakan secara virtual dari Riyadh, Arab Saudi, Sabtu.

Baca Juga

"Kita harus selalu bersatu dan kita harus menggunakan peluang yang ada dalam krisis ini untuk menciptakan normal baru yang lebih baik," kata PM Conte saat menyampaikan sambutannya sebagaimana disiarkan oleh penyelenggara.

Ia menjelaskan hasil pertemuan para pemimpin nantinya akan menunjukkan seberapa besar komitmen G20 untuk bekerja sama memulihkan diri dari krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 dan menemukan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi warga dunia.

"Italia, yang akan menjadi ketua G20 pada 2021, bertekad untuk mewujudkan komitmen bersama yang disepakati dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) di Riyadh hari ini dan akan melanjutkan berbagai peran penting G20," tambah Conte.

Presiden Erdogan mengatakan G20 mengemban tanggung jawab untuk menyatukan seluruh kekuatan terbesar ekonomi dunia untuk bekerja sama menghadapi pandemi. "Saya meyakini pandemi Covid-19 telah meningkatkan rasa tanggung jawab kita dan menunjukkan betapa pentingnya peran G20 untuk menyatukan ekonomi terbesar dunia di bawah satu atap yang sama," ujar Erdogan.

Pernyataan Erdogan kembali ditegaskan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Ia mengatakan G20 harus memenuhi janjinya yang telah diserukan pada pertemuan pada Maret 2020.

"G20 pada Maret berjanji akan melakukan apa pun untuk menanggulangi pandemi, melindungi nyawa, dan sumber penghidupan masyarakat," kata PM Johnson. Ia menegaskan dunia hanya akan selamat dan bertahan dari krisis jika saling bersatu dan tidak mementingkan kepentingan sendiri.

Terakhir, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan G20 mengemban tanggung jawab untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19. Karena itu, Pemerintah Spanyol berharap hasil KTT G20 di Riyadh dapat menciptakan strategi bersama yang dapat memulihkan perekonomian dunia setelah dihantam krisis dan resesi.

G20 merupakan blok ekonomi yang menjadi wadah bagi pemerintah dan bank sentral di 19 negara dan satu kawasan yaitu Uni Eropa, untuk membangun kerja sama dan menyamakan visi demi membangun perekonomian dunia yang bebas dan terbuka. Anggota G20 saat ini terdiri dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement