Sabtu 21 Nov 2020 20:18 WIB

Babak Pertama, Newcastle Vs Chelsea 0-1

Chelsea unggul sementara atas tuan rumah, Newcastle United 1-0.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Ekspresi para pemain Chelsea saat gol bunuh diri pemain Newcastle United.
Foto: EPA-EFE/Alex Pantling
Ekspresi para pemain Chelsea saat gol bunuh diri pemain Newcastle United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea unggul sementara atas tuan rumah, Newcastle United 1-0 pada babak pertama laga di Saint James Park, Sabtu (21/11)WIB. Chelsea unggul berkat gol bunuh diri pemain Newcastle Federico Fernández pada menit ke-10.

Pada babak pertama, Chelsea mendominasi laga dengan penguasaan bola di atas 50 persen. Meski demikian tak banyak peluang di raih chelsea pada babak pertama.

photo
Bek Newcastle United, Federico Fernandez (kiri) mencetak gol bunuh diri. - (EPA-EFE/Alex Pantling )

 

Chelsea mengawali laga pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Sabtu (21/11) malam WIB, dengan begitu apik. Terus menguasai laga sejak awal laga, Chelsea menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol atas tuan rumah, Newcastle United.

Tidak hanya bertekad mengakhiri rekor buruk dalam lawatan ke markas Newcastle United, Chelsea mengincar tiga poin di laga ini untuk bisa mengambil alih klasemen sementara Liga Primer Inggris. The Blues hanya terpaut tiga poin dari Leicester City, yang duduk di peringkat teratas klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan torehan 18 poin.

Pelatih Chelsea, Frank Lampard, pun mengandalkan trio Timo Werner, Tammy Abraham, dan Hakim Ziyech di lini depan. Sementara di lini tengah, Kai Havertz masih absen lantaran dianggap belum bugar. Mason Mount, yang tampil apik bersama timnas Inggris di laga internasional, mendapatkan kesempatan tampil dari awal laga.

Di lini belakang, Lampard akhirnya memberikan kepercayaan kepada Antonio Rudiger untuk tampil sebagai starter. Bek tengah asal Jerman itu menggantikan Thiago Silva, yang disebut masih membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisi fisiknya pasca memperkuat timnas Brasil di jeda internasional.

Di sisi lain, The Magpies tidak bisa menurunkan Callum Wilson. Penyerang yang telah mencetak enam gol dalam 10 laga terakhir Newcastle di semua ajang itu mengalami cedera hamstring. Alhasil, pelatih Steve Bruce menurunkan Joelington sebagai penyerang tunggal. Dengan menerapkan formasi 5-4-1, Bruce berharap, timnya bisa tampil solid di lini belakang sembari mengandalkan serangan balik.

Prediksi Bruce terkait penampilan The Blues pun terbukti. Chelsea langsung berupaya menguasai permainan dan melancarkan serangan. Sementara tim tuan rumah hanya mampu membalas lewat sejumlah serangan balik cepat, ataupun sedikit menurunkan tempo permainan dengan melakukan operan-operan pendek.

Bahkan, pada 10 menit awal laga, The Blues terus mengepung pertahanan The Magpies. The Blues mendapatkan peluang pertama lewat sundulan Tammy Abraham usai memanfaatkan umpan lambung Ziyech pada menit kesembilan. Namun, bola sundulan Abraham masih bisa dihalau kiper Newcastle. Satu menit berselang, The Blues akhirnya bisa mencetak gol.

Berawal dari tendangan penjuru, Mason Mount melepaskan umpan lambung tepat mulut gawang. Bola, yang sempat mengenai kaki bek tengah Newcastle United, Federico Fernandez, akhirnya berubah arah ke gawang The Magpies. Pada saat itu, Fernandez mendapatkan tekanan dari bek kiri Chelsea, Ben Chilwell.

Kendati telah mencatatkan keunggulan, Chelsea tidak mau berhenti. The Blues terus mendominasi permainan dan berupaya menambah keunggulan. Bahkan, The Blues bisa mencatatkan penguasaan bola mencapai 80 persen dan melepaskan delapan tembakan. Namun, sejumlah peluang yang didapat Timo Werner pada pertengahan babak pertama belum bisa membawa Chelsea menambah keunggulan. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai

Susunan Pemain:

Newcastle United (5-4-1)

Pelatih: Steve Bruce

Kiper: Darlow,

Belakang: Manquillo, Fernandez, Lascelles, Clark, Lewis

Tengah: Murphy, Hayden, S Longstaff, Saint-Maximin, 

Depan: Joelinton

Chelsea (4-3-3)

Pelatih: Frank Lampard

Kiper: Mendy

Belakang: James, Zouma, Rudiger, Chilwell

Tengah: Kovacic, Kante, Mount

Depan: Ziyech, Abraham, Werner

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement