Sabtu 21 Nov 2020 05:29 WIB

Doni Monardo Minta Klaster Kerumunan Tes Sukarela

Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini.

 Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.
Foto: BNPB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, per Kamis (19/11) di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat, telah dilakukan uji usap terhadap 15 orang. Dari uji usap tersebut, tujuh orang dinyatakan positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan.

Doni melanjutkan, berdasarkan data per Jumat (20/11), hasil swab antigen untuk klaster Megamendung, Bogor, menyatakan 20 orang positif Covid-19 dari 559 orang yang dites. Berdasarkan laporan lain, Doni menambahkan, terdapat 50 orang positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet.

Untuk itu, Doni meminta semua yang ikut penjemputan Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Megamendung, serta acara terakhir di Petamburan dengan kesadaran melaporkan diri kepada ketua RT dan RW masing-masing. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini.

Jika ada yang positif, menurut Doni, orang tersebut bisa segera diisolasi dan tempat isolasi yang disiapkan pemerintah. "Hari ini (kemarin-- Red) kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten, dan Jabar," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (20/11).ed: mas alamil huda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement