Sabtu 21 Nov 2020 14:19 WIB

Perempuan-Perempuan Palestina Semangat Ikut Tinju

Jumlah petinju perempuan di Gaza telah meningkat dua kali lipat dalam enam bulan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Sarung tinju
Foto: freepik.com
Sarung tinju

IHRAM.CO.ID, GAZA -- Perempuan-perempuan Palestina saling bertukar pukulan. Mereka begitu semangat mengikuti turnamen tinju perempuan yang diselenggarakan di sebuah gelanggang tinju yang umumnya populer di kalangan pria di jalur Gaza pada Jumat kemarin. Turnamen itu bahkan menampilkan petinju berusia tujuh tahun yang saksikan puluhan penonton.

Salah satu petinju yakni Hala Ayoub mengatakan ia berharap dengan turnamen itu akan menunjukkan pada orang-orang  tinju bukan hanya olahraga pria.

“Ambisi saya adalah menjadi petinju terkenal dan mengibarkan bendera Palestina dan bertarung dalam kejuaraan lokal dan internasional. Tinju mengajari saya bagaimana mempertahankan diri, dan bagaimana melepaskan energi buruk," kata Ayoub perempuan Palestina berusia 15 tahun seperti dilansir Khaleej Times pada Sabtu (21/11).

Jumlah petinju perempuan di Gaza telah meningkat dua kali lipat dalam enam bulan terakhir sejak tim awal dibentuk beranggotakan 18 orang yang semuanya perempuan. Sekarang ada sebanyak 45 atlet.

Wakil ketua Federasi Tinju Palestina, Ali Abdel-Shafi mengatakan beberapa perempuan dari kejuaraan itu akan dipilih untuk bergabung dengan tim tinju Palestina dan ambil bagian dalam kompetisi di Kuwait pada Februari tahun depan. Untuk diketahui setengah dari dua juta penduduk Jalur Gaza adalah perempuan.

"Ini adalah kejuaraan pertama yang saya ikuti. Ada ketegangan karena penonton dan kebisingan, tapi saya juga bersemangat," kata Malak Mesleh petinju berusia 15 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement