Sabtu 21 Nov 2020 10:11 WIB

Wall Street Jatuh Saat Lonjakan Covid Imbangi Harapan Vaksin

Pasang surut berita vaksin dan lonjakan kasus membuat investor terombang-ambing.

Saham-saham Wall Street melemah pada akhir perdagangan Jumat (20/11). Sentimen negatif yang mendorong pelemahan Wall Street di antaranya perkembangan stimulus fiskal, kekhawatiran atas peluncuran vaksin yang terlalu lama, dan semakin banyak penutupan tingkat negara bagian untuk memerangi pandemi Covid-19.
Foto: VOA
Saham-saham Wall Street melemah pada akhir perdagangan Jumat (20/11). Sentimen negatif yang mendorong pelemahan Wall Street di antaranya perkembangan stimulus fiskal, kekhawatiran atas peluncuran vaksin yang terlalu lama, dan semakin banyak penutupan tingkat negara bagian untuk memerangi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Saham-saham Wall Street melemah pada akhir perdagangan Jumat (20/11). Sentimen negatif yang mendorong pelemahan Wall Street di antaranya perkembangan stimulus fiskal, kekhawatiran atas peluncuran vaksin yang terlalu lama, dan semakin banyak penutupan tingkat negara bagian untuk memerangi pandemi Covid-19.

Indeks Dow Jones Industrial Average terpangkas 219,75 poin atau 0,75 persen, menjadi ditutup pada 29.263,48 poin. Indeks S&P 500 turun 24,33 poin atau 0,68 persen, menjadi berakhir di 3.557,54 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup berkurang 49,74 poin atau 0,42 persen, menjadi 11.854,97 poin.

Baca Juga

Sepuluh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di wilayah negatif. Sektor teknologi jatuh 1,05 persen, memimpin ketertinggalan. Sedangkan, sektor utilitas naik 0,05 persen, satu-satunya kelompok yang memperoleh keuntungan.

Pertunjukan selama perintah tinggal di rumah seperti Zoom Video Communications Inc dan Netflix Inc, yang telah berkinerja terbaik selama krisis kesehatan, membantu mengekang kerugian Nasdaq.

Sepanjang pekan, pasang surut berita vaksin dan lonjakan infeksi telah membuat investor terombang-ambing di antara saham siklikal yang sensitif secara ekonomi dan pemimpin pasar yang tahan pandemi. S&P 500 dan Dow membukukan kerugian marjinal untuk minggu ini, sementara Nasdaq yang sarat teknologi menetap sedikit lebih tinggi dari penutupan Jumat lalu (13/11).

"Pasar masih terjebak dalam tarik ulur antara peningkatan dramatis kasus baru Covid-19 versus kemajuan nyata pada vaksin," kata David Carter, kepala investasi di Lenox Wealth Advisors di New York.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengumumkan Kamis malam (19/11) bahwa ia akan mengizinkan program pinjaman bantuan pandemik utama di Federal Reserve berakhir pada akhir tahun. Ia juga mengatakan 455 miliar dolar AS yang dialokasikan musim semi lalu di bawah undang-undang CARES harus dikembalikan ke Kongres untuk dialokasikan kembali sebagai hibah untuk perusahaan kecil.

Keputusan untuk menghentikan program pinjaman yang dianggap penting oleh bank sentral datang pada saat infeksi baru virus corona meningkat dan gelombang baru PHK. Keputusan itu disebut mengecewakan oleh presiden Federal Reserve Chicago, Charles Evans.

"Masalah antara Fed dan Departemen Keuangan ini dapat berdampak serius, karena pasar ingin melihat kedua institusi bekerja sama dengan baik," tambah Carter.

Rekor angka infeksi telah menyebabkan rawat inap Covid-19 melonjak hingga 50 persen dan telah mendorong babak baru penutupan sekolah dan bisnis, jam malam dan pembatasan jarak sosial, yang menghambat pemulihan ekonomi dari resesi terdalam sejak Depresi Hebat.

Dalam perkembangan terbaru dalam perlombaan untuk mengembangkan vaksin, Pfizer Inc telah mengajukan permohonan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, permohonan pertama dari jenisnya dalam memerangi penyakit tersebut. Saham pembuat obat tersebut naik 1,4 persen, dan memberikan dorongan terbesar ke S&P 500.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement