Jumat 20 Nov 2020 10:08 WIB

Guardiola Jelaskan Alasan Messi Kerap Berjalan Saat Tanding

Selama berjalan, Messi terus memperhatikan sekelilingnya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan).
Foto: AP/Alvaro Barrientos
Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola menjelaskan alasan kebiasaan Lionel Messi saat bermain ketika keduanya masih bersama di Barcelona. Guardiola melatih Barcelona antara 2008 dan 2012, di mana saat itu ia dan Messi membuat standar baru dengan mendominasi Eropa.

Suattu ketika Messi dikritik karena hanya berjalan dalam pertandingan. Namun hal itu dibela oleh Guardiola. Ia mengatakan ada sesuatu di balik berjalannya Messi. "Dia berjalan, itu hal yang paling saya suka. Dia tak meninggalkan pertandingan, dia terlibat," kata Guardiola, dikutip dari Marca, Jumat (20/11).

Baca Juga

Ia mengatakan, selama berjalan, Messi terus memperhatikan sekelilingnya, menganalisis situasi di lapangan. La Pulga, kata dia, tahu betul apa yang akan terjadi. Sehingga, saat berjalan, kepala Messi selalu menengok ke kanan dan kiri, untuk memperhatikan apa yang terjadi.

Saat itu juga, kata Guardiola, Messi seolah-olah sedang mengendus kelemahan lawan di belakang. "Setelah lima, 10 menit, dia sudah punya peta di matanya, di otaknya mengetahui di mana celah dan seperti apa gambarannya,'' ungkap Guardiola.

Menurutnya, pertandingan seperti hutan belantara dan seorang pemain harus bertahan hidup. Sehingga dengan memetakan kelemahan lawan, Messi akan punya lebih banyak ruang untuk menyerang. Apalagi, strategi tiki-taka ala Guardiola, membuat pemain Barca saat itu tak melakukan banyak pergerakan jauh, yang membutuhkan kecepatan berlari. 

Nama Messi kembali dikaitkan dengan Guardiola. Ini setelah Guardiola memperpanjang kontranya di Manchester City sampai 2023. Messi dilaporkan akan bergabung ke City untuk kembali bekerja sama dengan Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement