Jumat 20 Nov 2020 07:58 WIB

Kiper Legendaris Mesir Umumkan Pensiun

El-Hadary menyatakan keinginannya memulai karier baru di bidang kepelatihan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Kiper Mesir Essam El Hadary
Foto: AP Photo/Andrew Medichini
Kiper Mesir Essam El Hadary

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situs web resmi FIFA memuji karier luar biasa kiper legendaris Mesir Essam El-Hadary, yang secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola pada usia 47 tahun. El-Hadary menyatakan keinginannya memulai karier baru di bidang kepelatihan.

Situs FIFA mencatat apa yang telah dicapai El-Hadary dengan tim nasional dan semua klub tempat dia bermain memungkinkan dia untuk menuliskan namanya dalam sejarah sepak bola dengan tinta emas. El-Hadary, yang dikenal sebagai The High Dam (Bendungan Tinggi) di tanah airnya, pernah bermain untuk klub-klub di Mesir, Swiss, Sudan, dan Arab Saudi. Ia memenangkan gelar Piala Afrika tiga kali berturut-turut dengan Mesir pada 2006, 2008 dan 2010.

Baca Juga

El-Hadary mengukir sejarah dengan menjadi pemain tertua yang pernah berpartisipasi dalam pertandingan Piala Dunia dalam usia 45 tahun 161 hari. High Dam memainkan pertandingan penuh melawan Arab Saudi pada babak penyisihan grup Piala Dunia untuk memecahkan rekor yang sebelumnya dibuat oleh kiper Kolombia Faryd Mondragon yang menghadapi Jepang pada 2014.

El-Hadary sebelumnya mengumumkan di akun Twitter resminya bahwa ia menutup kariernya yang glamor di lapangan hijau. Ia menunjukkan benar-benar puas dengan apa yang telah ia capai. El-Hadary menyatakan akan bekerja di bidang kepelatihan akan menjadi langkah selanjutnya setelah ia memperoleh lisensi yang diperlukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement