Jumat 20 Nov 2020 06:15 WIB

Traveling di Masa Pandemi? Siapkan Hal Ini Demi Keamanan

Jika harus berlibur di masa pandemi, maka perlu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Jika harus berlibur di masa pandemi, maka perlu banyak hal yang harus dipersiapkan (Foto: ilsutrasi)
Foto: Pixabay
Jika harus berlibur di masa pandemi, maka perlu banyak hal yang harus dipersiapkan (Foto: ilsutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda harus berlibur kala pandemi Covid-19, tentu perlu ada banyak hal yang disiapkan. Karena Covid-19 masih mengancam, tidak cukup hanya membawa hand sanitizer atau masker, apalagi jika Anda ingin berlibur lebih dari satu hari.

Melansir laman Forbes pada Kamis (19/11), berikut travel checklist yang harus disiapkan mulai dari pra-keberangkatan, selama di perjalanan, dan di tujuan.

Baca Juga

1. Pra-keberangkatan

Sebelum Anda berangkat pastikan Anda telah mengetahui perkembangan kasus Covid-19 dan kebijakan pemerintah setempat. Pastikan tempat yang Anda tuju tidak sedang menerapkan lockdown, karena mungkin itu akan mempersulit rencana berlibur Anda.

Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan hotel yang dipesan telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini penting, apalagi jika Anda pergi berlibur dengan keluarga yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Anda juga disarankan melakukan vaksin influenza sebelum berlibur. Memang, ini tidak akan bisa melawan Covid-19, tetapi setidaknya Anda bisa melindungi diri dari virus influenza.

Yang tidak kalah penting adalah membuat itinerary selama berlibur yang disesuaikan dengan kondisi pandemi. Jangan terlalu mengambil risiko, pastikan setiap destinasi yang dituju aman dan tidak terjebak di kerumunan orang. Pastikan juga di sana akses ke rumah sakitnya dekat.

Tisu basah beralkohol, hand sanitizer, masker dan peralatan antiseptic lainnya jangan lupa dipersiapkan ya!

2. Di transportasi umum

Ketika tiba hari H, dan Anda tiba di pesawat, kereta api maupun bus pastikan kursi Anda telah disanitasi. Jika memungkinkan, duduklah bersama dengan sesama anggota keluarga dan jangan lupa untuk selalu memakai masker. Jangan lupa untuk membawa tisu pembersih untuk membersihkan area permukaan kursi, sandaran tangan, meja baki, gesper sabuk pengaman, dan layar hiburan.

Jika perjalanan singkat misalnya kurang dari enam jam, usahakan Anda tidak makan atau minum di perjalanan. Sebab melepas masker atau face shield terlalu berisiko.

3. Tiba di tujuan

Jika Anda sudah tiba di lokasi berlibur, pastikan Anda tetap menerapkan standar protokol kesehatan seperti halnya di rumah Anda. Misalnya setiap keluar hotel atau penginapan memakai masker, mencuci pakaian setelah Anda dan keluarga mengunjungi destinasi dan lainnya.

Apabila Anda ragu dengan sanitasi dari pihak hotel, setibanya di kamar, Anda bisa menyemprotnya dengan antiseptik. Anda juga dianjurkan segera mandi dan membereskan pakaian dan barang bawaan.

Pandemi memang mengajarkan sebuah kenormalan baru, salah satunya perihal makan. Untuk meminimalisasi penularan Covid-19, Anda dianjurkan untuk makan di dalam kamar hotel saja, bukan di restoran hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement