Kamis 19 Nov 2020 22:13 WIB

Beri Makan Tunawisma, Restoran Halal di DC Galang Donasi

Mannan meluncurkan kampanye penggalangan dana di situs GoFundMe.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Beri Makan Tunawisma, Restoran Halal di DC Galang Donasi (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Wong Maye-E
Beri Makan Tunawisma, Restoran Halal di DC Galang Donasi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,WASHINGTON -- Pemilik Restoran Sakina Halal Grill, Kazi Mannan, memiliki banyak hal yang patut disyukuri menjelang Thanksgiving tahun ini. Baru minggu lalu, restoran dengan konsep Asia Selatan di pusat kota D.C. ini dalam kondisi terancam, dan Mannan bersiap menutup pintu untuk selamanya.

Sebagai upayanya yang terakhir, Mannan meluncurkan kampanye penggalangan dana di situs GoFundMe, Kamis (12/11). Selama enam hari pertama, kampanye tersebut telah mengumpulkan lebih dari 237.000 USD atau setara Rp 3,3 miliar, dengan target 250.000 USD atau Rp 3,5 miliar.

“Saya merasa sangat luar biasa dengan cinta dan dukungan yang ada. Beberapa hari yang lalu, saya menangis karena saya takut kehilangan segalanya, dan hari ini, saya memiliki air mata kebahagiaan, harapan, dan kegembiraan," kata dia dilansir di DC Eater, Kamis (19/11).

Kemurahan hati Mannan sebagai pemilik pasti menjadi salah satu faktor tingginya tanggapan yang ia terima. Sejak membeli restoran tersebut pada tahun 2015, Mannan mempertahankan kebijakan untuk membuka pintu bagi orang-orang tunawisma.

 

Tunawisma yang datang ke restorannya diizinkan duduk dan menikmati hidangan yang disediakan restoran tersebut, mulai dari menu Pakistan, Nepal, hingga India. Selama berbisnis, ia memperkirakan telah menyajikan lebih dari 20.000 makanan gratis dalam lima tahun ini.

Sebelum pandemi Covid-19 menyebar, perputaran bisnisnya mumpuni untuk beramal. Tetapi, mengingat kurangnya dukungan dana pemerintah dan penurunan tajam lalu lintas pejalan kaki di pusat kota, Mannan yakin dia harus menutup usahanya ini pada bulan Desember.

Jamuan makan siang jam 9 pagi sampai jam 5 sore yang selalu menopang Sakina telah menghilang. Dia terpaksa harus berhenti menyajikan makanan gratis saat kerawanan pangan meningkat.

“Covid-19 benar-benar menghancurkan bisnis saya, dan begitu banyak restoran lain juga. Kami kehilangan banyak pelanggan reguler. Kami tidak mampu memberi makan para tunawisma. Dan untuk sementara waktu di musim semi, kami harus tutup sepenuhnya," lanjutnya.

Selama lima bulan terakhir, restorannya beroperasi dengan bergantung pada jumlah kecil pesanan yang dibawa pulang, maupun pesanan untuk di tempat namun menerapkan jaga jarak sosial. Mannan menyebut semua usaha ini belum cukup untuk membuat restorannya kembali bangkit.

Dia menghasilkan sekitar 500 USD atau sekitar Rp 7,1 juta untuk penjualan per hari. Angka ini disebut hampir tidak cukup untuk menutupi biaya sewa dan operasional, senilai 45.000 USD atau Rp 639,5 juta per bulan.

Untuk tetap bertahan, ia mengatakan mulai meminjam uang dari bank maupun teman-temannya. Saat berpikir mencari cara lain untuk bertahan, seorang teman merekomendasikannya untuk melakukan kampanye penggalangan dana.

Situs GoFundMe menampilkan kampanye tersebut di halaman utamanya. Hingga tengah hari Rabu (18/11), lebih dari 5.100 donor telah mengumpulkan 237.647 USD. Kampanye ini berada di jalur yang tepat untuk mencapai sasaran 250.000 USD sebelum perayaan Thanksgiving.

Banyak sumbangan kecil datang dengan pesan terima kasih dan dukungan. "Terima kasih atas semua yang Anda lakukan untuk komunitas! Saya harap ini membantu. Saya kirimkan doa untuk Anda,” tulis salah satu pendonor.

"Selama masa-masa sulit ini, semoga kamu bisa menjaga diri juga. Saya berharap bisa kembali mendapat makan dari kalian,” tulis pendonor yang lain.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membayar hutang dan biaya operasional agar Sakina Halal Grill tetap buka. Mannan mengatakan dia bisa kembali mulai menyajikan makanan untuk para tunawisma pada bulan Desember.

“Sekarang, kami di sini memulai dengan harapan dan perjalanan baru untuk mendukung orang lain. Saya merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari diri saya sendiri," kata dia.

Dia juga mengatakan sedang dalam proses mengajukan dokumen untuk meluncurkan sebuah badan amal, yang disebut Food & Faith Foundation. Misi badan amal ini membantu memberi makan orang miskin. Ia berharap yayasan tersebut sudah berdiri dan mulai berjalan awal tahun depan.

Terakhir, ia menyebut berapapun dana yang tersisa dari kampanye GoFundMe ini akan ia disumbangkan ke yayasan. Ia menilai setiap orang dimana pun sedang mengalami masalah, dan bila mereka membutuhkan makanan, ia akan siap untuk mendukung mereka.

 

Sumber: https://dc.eater.com/2020/11/18/21573376/go-fund-me-page-saves-sakina-halal-grill-owner-feeds-homeless-people-d-c

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement