Kamis 19 Nov 2020 22:01 WIB

Sanksi Lagi untuk Iran, Termasuk Pembekuan Yayasan Khamenei?

Amerika Serikat berencana untuk tambah sanksi untuk Iran

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Amerika Serikat berencana untuk tambah sanksi untuk Iran Salah satu fasilitas yang diduga pembuatan nuklir di Provinsi Bushehr, Iran.
Foto: AP
Amerika Serikat berencana untuk tambah sanksi untuk Iran Salah satu fasilitas yang diduga pembuatan nuklir di Provinsi Bushehr, Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Sebagai bagian dari kampanye tekanan besar yang sedang berlangsung terhadap Iran, Amerika Serikat (AS) sebelumnya memberlakukan pembatasan serupa pada empat individu dan enam perusahaan.

 

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, telah menjanjikan akan lebih banyak sanksi terhadap Iran dalam beberapa pekan dan bulan mendatang. Sementara Departemen Keuangan Amerika Serikat telah memperbarui daftar individu dan perusahaan yang baru dijatuhi sanksi.

 

Kumpulan sanksi baru yang menargetkan Republik Islam Iran tersebut mencakup pembatasan terhadap sembilan individu dan puluhan entitas, termasuk yayasan Bonyad Mostazafan yang terkait dengan Khamenei dan Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi, sesuai dengan situs web Departemen Keuangan Amerika Serikat. 

 

Departemen Pengendalian Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS mengambil tindakan terhadap jaringan patronase utama untuk pemimpin tertinggi Iran, Yayasan Revolusi Islam Mostazafan (Bonyad Mostazafan atau Yayasan), sebuah konglomerat besar dengan sekitar 160 kepemilikan di sektor kunci ekonomi Iran, termasuk sektor keuangan, energi, konstruksi, dan pertambangan.

 

Pekan lalu, Amerika Serikat memperkenalkan pembatasan yang menargetkan empat orang terkenal Iran dan enam perusahaan lokal, dengan langkah tersebut mengikuti sanksi Washington yang diberlakukan pada sektor minyak Republik Islam Iran, termasuk Kementerian Perminyakan Iran.

 

Menurut perwakilan tetap Rusia di Wina, Amerika Serikat harus membatalkan tanpa penundaan lebih lanjut semua sanksi sepihak terhadap Iran, setelah keluar dari JCPOA pada 2018. Dilansir dari Sputnik News, Kamis (19/11).

 

Axios melaporkan bahwa pemerintahan Trump, yang telah bertahan dalam tindakan kerasnya terhadap Iran, bertujuan untuk membuat semua semakin sulit bagi Demokrat Joe Biden, yang diproyeksikan memenangkan pemilihan presiden dan mungkin akan berusaha untuk mendapatkan Amerika Serikat kembali ke dalam perjanjian Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang secara sepihak ditarik Trump pada Mei 2018. 

 

Menurut situs web berita Amerika Serikat, yang mengutip dua sumber Israel yang tidak disebutkan namanya menjelaskan tentang gelombang proyeksi pembatasan anti-Iran, Pemerintahan Trump akan mencapai rencana tersebut dengan berkoordinasi dengan Tel Aviv dan negara-negara Teluk lainnya, sebelum pelantikan presiden baru pada tanggal 20 Januari 2021.

 

Biden, pada bagiannya, berjanji saat berkampanye untuk bergerak cepat bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir dengan Iran, selama Iran juga mematuhi ketentuan kesepakatan tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement