Kamis 19 Nov 2020 16:01 WIB

Cagub Kalteng Positif Covid-19, Satgas Lacak Kontak Erat

Semua pihak pada penyelenggaraan pilkada agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pelacakan terhadap kontak erat calon gubernur Sugianto Sabran. Calon gubernur petahana ini dinyatakan positif Covid-19.

"Secara umum prosedur standar kami sama kepada semua pasien, perlakuannya pun sama," kata Wakil Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul saat dihubungi di Palangka Raya, Kamis (19/11).

Baca Juga

Suyuti akan berkoordinasi dengan satgas kabupaten dan kota guna melakukan pelacakan terhadap kontak erat. Sedangkan untuk yang bersangkutan, melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur yang berlaku dan di bawah pengawasan tenaga kesehatan.

"Jadi itu dulu sementara yang kami lakukan. Prinsipnya apa yang kami lakukan sama, seperti kasus-kasus lainnya secara umum," ujarnya.

Pria yang juga menjabat kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah ini mengatakan, hingga saat ini belum ada cara lain guna mencegah penularan COVID-19, selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Untuk itu, Dinkes Kalteng mengimbau kepada semua pihak terkait penyelenggaraan pilkada serentak, baik pasangan calon, tim sukses maupun masyarakat, agar selalu berusaha menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Protokol kesehatan dimaksud, meliputi disiplin menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir maupun cairan pembersih tangan menjaga jarak, serta mencegah maupun menghindari kerumunan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement