Kamis 19 Nov 2020 12:12 WIB

Betulkah Virus Corona Menyebar Keluar China Lebih Awal?

Studi di Italia mengungkap virus corona sudah ada di negaranya sejak September 2019.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi penyebaran virus corona. Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China, pada Desember 2019.
Foto: MgIT03
Ilustrasi penyebaran virus corona. Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China, pada Desember 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sebuah studi Italia yang menyebut bahwa kasus virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) beredar di luar China lebih awal dari perkiraan telah memicu keraguan di antara beberapa ilmuwan Barat. Mereka menyerukan tes lebih lanjut.

Sebuah makalah yang diterbitkan oleh Italian Cancer Institute (INT) menjelaskan keberadaan antibodi penawar SARS-CoV-2 dalam darah yang diambil dari pasien sehat di Italia pada Oktober 2019 selama uji coba skrining kanker paru-paru. Jika datanya benar, maka itu akan mengubah sejarah pandemi dan menimbulkan pertanyaan tentang kapan dan di mana virus itu muncul pertama kali.

Baca Juga

Virus corona yang menyebabkan Covid-19 pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah pada bulan Desember. Terkait temuan peneliti Italia, beberapa ilmuwan mengatakan, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut atas hal tersebut.

“Hasil ini layak untuk dilaporkan, tetapi sebagian besar harus diambil sebagai sesuatu untuk ditindaklanjuti dengan pengujian lebih lanjut,” kata Mark Pagel, profesor di Sekolah Ilmu Biologi di Universitas Reading, Inggris.

“Semua pasien dalam penelitian ini tidak menunjukkan gejala meskipun sebagian besar berusia 55-65 tahun dan pernah menjadi perokok. Ini biasanya merupakan kelompok berisiko tinggi untuk Covid-19, jadi membingungkan mengapa semua pasien tidak menunjukkan gejala." jelasnya.

Seorang rekan penulis studi tersebut mengatakan, dia dan rekan-rekannya sedang merencanakan penyelidikan lebih lanjut dan meminta para ilmuwan di seluruh dunia untuk berkontribusi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan SARS-CoV-2 dan Covid-19, yakni penyakit pernapasan yang ditimbulkannya, tidak diketahui sebelum wabah Wuhan dilaporkan.

D lain sisi, kemungkinan bahwa virus mungkin diam-diam beredar di tempat lain juga tidak dapat dikesampingkan. Setidaknya ada 55.573.000 infeksi yang dilaporkan dan 1.336.000 kematian yang dilaporkan disebabkan oleh Covid-19 secara global sejak virus itu pertama kali terdeteksi di China.

China yakin studi Italia menunjukkan bahwa melacak asal virus adalah proses berkelanjutan yang mungkin melibatkan banyak negara. "China akan terus bekerja dengan komunitas internasional lainnya untuk berkontribusi pada kerja sama global dalam memerangi Covid-19 dan virus lainnya," kata Zhao Lijian, juru bicara kementerian luar negeri China, kepada wartawan di Beijing, Selasa (17/11).

Pasien Covid-19 pertama Italia terdeteksi pada 21 Februari di sebuah kota kecil dekat Milan, di wilayah utara Lombardy. Tetapi, temuan para peneliti Italia menunjukkan 11,6 persen dari 959 relawan sehat yang terdaftar dalam uji coba skrining kanker antara September 2019 hingga Maret 2020 memiliki tanda-tanda telah menemukan SARS-CoV-2, kebanyakan dari mereka jauh sebelum Februari.

Tes antibodi SARS-CoV-2 lebih lanjut dilakukan oleh University of Siena untuk makalah penelitian yang sama, yang disebut “Deteksi tak terduga dari antibodi SARS-CoV-2 pada periode pra-pandemi di Italia”. Itu menunjukkan bahwa dalam enam kasus, antibodi mampu membunuh SARS-CoV-2.

Empat kasus terjadi pada Oktober 2019, yang berarti pasien telah terinfeksi pada September. Kedua ilmuwan Italia itu mengatakan tes antibodi dirancang sendiri dan tidak pernah divalidasi oleh peneliti lain dalam tinjauan sejawat.

Yang juga terlihat adalah seroprevalensi yang sangat tinggi dalam populasi studi penelitian. Menurut mereka, itu mengacu pada persentase orang yang mungkin terpapar virus.

“Karena ada epidemi (meskipun tampaknya tanpa gejala) dalam skala ini di Italia setahun penuh sebelum pandemi saat ini yang tidak diketahui akan menjadi masalah serius,” kata Stephen Griffin, profesor di Universitas Leeds.

Sebagian besar skeptisisme ilmuwan berfokus pada apa yang disebut spesifisitas tes antibodi, yang jika tidak sempurna, mungkin mengungkap keberadaan antibodi terhadap penyakit lain.

“Laporan terbaru lainnya menunjukkan bahwa virus corona musiman dapat memperoleh antibodi penetralisir,” kata Jonathan Stoye, pemimpin kelompok di Francis Crick Institute.

“Saya pikir kita memerlukan demonstrasi yang benar-benar meyakinkan bahwa sampel-sampel itu mengambil virus Covid-19 dan bahwa antibodi tersebut sebenarnya tidak dipicu oleh virus lain,” ujar Andrew Preston, pembaca patogenesis mikroba di Universitas Bath.

Preston mengatakan, dia terkejut bahwa persyaratan tersebut tidak diperlukan untuk publikasi makalah penelitian. Tapi sangat mungkin untuk melakukan tes kembali. Giovanni Apolone selaku Direktur ilmiah INT dan rekan penulis studi ini merencanakan penyelidikan lebih lanjut ke dalam riwayat klinis pasien studi. Ia menyerukan kepada kolega secara global untuk membuka database mereka dan melakukan penelitian retrospektif 

"Kami perlu memahami jika mereka mengalami gejala penyakit. Ke mana mereka pergi, apakah mereka memiliki kontak dengan China," kata Apolone.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement