Kamis 19 Nov 2020 11:47 WIB

10 Film Horor Paling Menakutkan yang Diadaptasi dari Cerpen

Salah satu film dilarang diputar di Inggris selama 30 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- LOS ANGELES -- Selama ini banyak film horor mengerikan yang diadaptasi dari cerpen. Mulai dari Frankenstein vs Dracula hingga The Exorcist. Penulis Edgar Allan Poe dan Stephen King juga telah memberikan puluhan judul horor yang diperhitungkan secara global.

Melansir laman Looper pada Kamis (19/11), berikut beberapa film horor paling menakutkan berdasarkan cerita pendek:

1. Freaks (1932)

Film horor Freaks mengejutkan dan membuat kagum penonton sejak dirilis pada 1932. Film yang disutradarai oleh Tod Browning menampilkan pemain yang memiliki keterbatasan secara fisik. Banyak pemain merupakan difabel. Film ini bertema cinta, pengkhianatan, dan balas dendam yang mendapat pujian, sekaligus kecaman dari Inggris dan berujung pelarangan film selama 30 tahun.

2. The Fly (1958)

Salah satu teriakan terbesar dalam fiksi ilmiah dan horor 1950-an muncul dalam The Fly yang dirilis pada 1958. Seorang ilmuwan bernama Andre Delambre berhasil menyilangkan gennya dengan lalat di rumah miliknya. Film yang disutradarai Kurt Neuman ini ditulis oleh James Clavel, yang mendapat inspirasi dari cerita pendek dengan judul sama karya penulis Prancis-Inggris George Langelaan.

3. The Birds (1952)

The Birds adalah cerita horor oleh penulis Inggris Daphne du Maurier, pertama kali diterbitkan dalam koleksinya pada 1952 berjudul The Apple Tree. Ini adalah kisah tentang seorang buruh tani, keluarganya, dan komunitasnya yang diserang oleh kawanan burung dengan gaya kamikaze. Cerita berlatarkan di daerah asal du Maurier di Cornwall tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Kisah itu menjadi inspirasi untuk film Alfred Hitchcock berjudul sama yang dirilis pada 1963. Pada tahun ini juga buku The Apple Tree dicetak ulang sebagai The Birds and Other Stories.

4. Kwaidan (1965)

Kwaidan secara harfiah berarti kisah hantu. Ini adalah film horor antologi Jepang pada 1965 yang disutradarai oleh Masaki Kobayashi, didasarkan pada kumpulan cerita rakyat Jepang Lafcadio Hearn, terutama Kwaidan: Stories and Studies of Strange Things (1904). Film ini terdiri dari empat cerita terpisah dan tidak berhubungan. Film ini memenangkan penghargaan Special Jury Prize di Festival Film Cannes tahun 1965 dan menerima nominasi Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

5. Black Sabbath (1963)

Black Sabbath merupakan film antologi dari maestro horor Italia, Mario Bava, tahun 1963. Film ini mengaitkan tiga cerita mengejutkan tentang horor supernatural dengan materi sumber oleh tiga penulis yang nama belakangnya tidak asing bagi pembaca setia fiksi dunia abad ke-19 yakni de Maupassant, Chekhov, dan Tolstoy.

Alexei Tolstoy dikreditkan dengan The Wurdulak sebuah kisah vampir Rusia. Ivan Chekov yang terinspirasi dari Drop of Water yang sangat menyeramkan.

6. Don’t Look Now (1973)

Penggemar horor pasti sepakat bahwa film arahan Nicolas Roeg pada 1973 berjudul Don't Look Now” menjadi salah satu thriller supernatural terbaik dan paling berpengaruh pada 1970-an. Allan Scott salah satu pencipta "The Queen's Gambit" dan aktor sekaligus penulis Chris Bryant mengadaptasi cerita pendek dengan judul sama, yang ditulis pada 1971 oleh Hitchcock Daphne du Maurier.

7. The Thing (1982)

The Thing adalah film horor fiksi ilmiah Amerika 1982 yang disutradarai oleh John Carpenter dan ditulis oleh Bill Lancaster Berdasarkan novel John W Campbell Who Goes There? pada 1938. Film ini mengisahkan sekelompok peneliti Amerika di Antartika yang menemukan Thing, suatu bentuk kehidupan parasit di luar bumi yang berasimilasi, kemudian meniru organisme lain. Kelompok ini diliputi oleh paranoia dan konflik karena mereka tahu tidak dapat lagi mempercayai satu sama lain dan bahwa salah satu dari mereka dapat menjadi Thing.

8. Re-animator (1985)

Ini adalah film komedi horor Amerika yang diadaptasi dari novel serial HP Lovecraft Herbert West – Reanimator pada 1922. Disutradarai oleh Stuart Gordon dan diproduksi oleh Brian Yuzna, film ini dibintangi oleh Jeffrey Combs sebagai Herbert West, seorang mahasiswa kedokteran yang telah menemukan reagen yang dapat menghidupkan kembali tubuh yang telah meninggal. Dia dan teman sekelasnya Dan Cain (Bruce Abbott) mulai menguji serum pada mayat manusia, dan berkonflik dengan Carl Hill (David Gale) yang ingin mengeklaim penemuan itu sebagai miliknya sendiri.

9. Hellraiser (1987)

Ini adalah film horor supernatural Inggris yang ditulis dan disutradarai oleh Clive Barker, dan diproduksi oleh Christopher Figg, berdasarkan novel Barker The Hellbound Heart. Film ini menandai debut sutradara Barker. Film ini melibatkan kotak teka-teki yang memanggil Cenobites, sebuah kelompok pembunuh dari dimensi lain yang tidak dapat membedakan antara rasa sakit dan kesenangan.

10. The Color Out of Space (2019)

Ini adalah film horor Lovecraftian fiksi ilmiah Amerika yang disutradarai dan ditulis bersama oleh Richard Stanley, berdasarkan cerita pendek "The Color Out of Space" karya HP Lovecraft. Film ini dibintangi oleh Nicolas Cage, Joely Richardson, Elliot Knight, Madeleine Arthur, Q'orianka Kilcher, dan Tommy Chong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement