Kamis 19 Nov 2020 10:58 WIB

Simulasi di Cikarang, Bupati Bekasi Tunggu Vaksin Datang

Semua tenaga medis di Kabupaten Bekasi siap, tinggal menunggu kedatangan vaksin.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Erik Purnama Putra
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melaksanakan simulasi persiapan vaksinasi Covid-19 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (19/11). Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, menuturkan, simulasi yang digelar diharapkan bisa membuat kesiapan vaksinasi di wilayahnya lebih matang. "Mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini nanti pada waktu pelaksaan sudah siap. Bukan hanya di puskesmas tapi di tempat lain yang memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin,” terang Eka di lokasi, Kamis.

Dalam simulasi yang berlangsung selama 45 menit itu, Ma'ruf mengamati dan memastikan standar operasional dan prosedur vaksinasi dijalankan dengan baik. Prosesnya dari pendaftaran peserta, screening (pemeriksaan) kesehatan dasar peserta, penyuntikan vaksin, hingga observasi setelah vaksinasi.

Eka menuturkan, Pemkab Bekasi, saat ini, telah menyiapkan tenaga medis untuk vaksinasi. Pihaknya tinggal menunggu kapan vaksin tiba di Kabupaten Bekasi. “Semua tenaga medis sudah kita siapkan, tinggal menunggu kapan vaksin datang,” terangnya.

Pemerintah pusat telah menetapkan pemilihan lokasi simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Cikarang, karena mempertimbangkan kepadatan penduduk dan tingginya risiko penularan Covid-19 di kedua wilayah tersebut.

Secara geografis, Puskesmas Cikarang yang dikunjungi RI 2 berada di Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan wilayah kerja yang meliputi lima desa, yaitu Desa Cikarang Kota, Karang Baru, Karang Asih, Waluya, dan  Karang Raharja, dengan jumlah penduduk sekitar 118.549 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement