Kamis 19 Nov 2020 05:52 WIB

Uhamka Gelar Wisuda Virtual

Rektor Uhamka: Jadilah alumni pemberi solusi, penyejuk, dan penerang

Uhamka menggelar acara wisuda secara daring pada Selasa (17/11).
Foto: Dok Uhamka
Uhamka menggelar acara wisuda secara daring pada Selasa (17/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah Prof  DR  HAMKA (Uhamka) menggelar wisuda untuk jenjang pendidikan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya secara daring pada Selasa (17/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Senat Universitas, dan segenap pimpinan Fakultas Uhamka. Mereka hadir di lokasi Aula Ahmad Dahlan Gedung A FKIP Uhamka dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Di  lain pihak, kegiatan ini diikuti pada lokasi masing-masing dengan mode daring di antaranya Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir, kepala LLDIKTI Wilayah III, perwakilan Koordinator Kopertis Wilayah I DKI Jakarta, Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka Pimpinan Wilyah Muhammadiyah, para wali/orang tua wisudawan, serta 852 wisudawan yang hadir secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Meski wisuda ini terselenggara secara daring, aura antusiasme, bahagia dan haru  tetap memancar terutama para wisudawan dan tamu undangan yang berada di ruang virtual maupun hadirin yang berada di ruang Aula Ahmad Dahlan Gedung A FKIP Uhamka.

“Saya merasa haru bercampur bangga. Hal ini juga terlihat dari pancaran wajah setiap orang tua/wali yang mendampingi para wisudawan di layar Zoom Meeting dalam acara Wisuda Virtual ini,” kata Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan,  meskipun pandemi Covid-19 telah megubah banyak hal dalam kehidupan bersosial masyarakat, dan segala interaksi sosial menajadi terhambat, namun hal tersebut sama sekali tidak mengurangi niat tulus Uhamka untuk turut bergembira dengan capaian para wisudawan serta tak mengurangi rasa bangga Uhamka terhadap capaian keilmuan para mahasiswanya. 

“Pandemi ini telah mengubah banyak hal dalam hidup kita.  Beberapa bulan ini kita dipaksa menerima dan menjalani sebuah kondisi yang baru tentu belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Segala kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka baik interaksi sosial maupun  komunikasi, saat ini digantikan dan dimediasi oleh tekhnologi. Prosesi wisuda yang harusnya terlaksana di penggung prosesi yang megah, hari ini dilaksanakan dalam jaringan atau online. Meskipun demikian, tidak mengurangi niat tulus kita untuk meberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan dan wisudawati,’ tuturnya.

Dalam perjalanannya, kata dia, Uhamka telah berkontribusi secara nayata terhadap upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun  tahan air. “Kita bersyukur,  Uhamka telah memberikan yang terbaik kepada Muhammadiyah, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Di sisi lain, ia menambahkan,  upaya Uhamka dalam kontribusi nyata kepada Muhammadiyah dan Indonesia masih harus disempurnakan. Hal itu karena pesatnya perkembangan zaman yang menuntut  kemampuan beradaptasi terhadap perubahan zaman tersebut.  Salah satu upaya yang diakukan oleh Uhamka ialah menjadi prophetic teaching university.

“Uhamka telah memberikan kontribusi nyata utuk mencerdaskan bangsa dan membangun negeri ini. Kami sangat bersyukur teleh memberikan yang terbaik kepada persyarikatan, bangsa dan negara. Namun kami sangat menyadari sepenuhnya apa yang telah kami darmakan masih harus disempurnakan karena adanya perubahan-perubahan pada setiap zaman. Untuk itu dalam merealisasikan visi Uhamka 2024 sebagai landasan transformasi yang kokoh menuju Visi Uhamka 2045, dalam Rentra tahun 2020-2024 yaitu periode penyiapan menjadi prophetic teaching university yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan”. Terang Gunawan.

Dalam sambutan penutupnya, Gunawan mengutarakan terima kasih yang mendalam terhadap para orang tua/wali mahasiswa yang telah mempercayakan Uhamka sebagai wadah untuk mendidik, membina, dan membimbing putra-putrinya. Ia juga  mengungkapkan harapannya agar para lulusan hari itu  diwisuda amenjadi lulusan yang berkualitas, memiliki spirit untuk terlibat aktif dalam upaya membangun negeri, umat dan persyrikatan. Ia  juga berpesan agar tidak menjadi lulusan yang pandai dalam membuat masalah namun jadilah lulusan yang handal dalam mencari solusi dari problematika bangsa, dan negara serta persyarikatan.

“Terkhusus kepada para mahasiwa hari ini resmi sudah ananda menjadi alumini Uhamka. Selamat bergabung sebagai penerus bangsa yang hebat dan berkualitas. Ketika kuliah, ananda berpangku tangan, kini saatnya untuk turun tangan membantu negara umat dan persyarikatan. Janganlah ananda menjadi pembuat masalah tapi jadilah orang yang mampu mengatasi masalah dan sudah sepatutnya sebagai alumni Uhamka jadilah pemberi solusi, mejadi penyejuk ketika panas dan menjadi penerang ketika gelap,” pungkas Gunawan.

Kepala LLDIKTI WIlayah III Agus Setyabudi menyatakan bahwa Uhamka sebagai kampus yang terakreditasi unggul dan sebagai salah satu kampus yang turut mendukung program merdeka belajar telah menghasilkan lulusan yang memilki kualitas mumpuni di berbagai macam disiplin ilmu dan berbagai memilki mutu yang baik di berbagai bidang keterampilan. Dirinya berharap agar para lulusan mengaplikasikan segala ilmu yang mereka raih di Uhamka dengan penuh rasa tanggung jawab. 

“Uhamka sebagai salah satu kampus bermutu yang telah Terakreditasi Unggul yang turut mendukung program merdeka belajar serta kampus merdeka termasuk lulusannya yang saat ini diwisuda memilki keterampilan dan soft skill yang unggul. Kelulusan bukanlah akhir tetapi awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati para generasi muda penerus bangsa. Semoga wisudawan Uhamka mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di Uhamka dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement