Rabu 18 Nov 2020 23:11 WIB

Permohonan Izin Hajatan di Tulungagung Meningkat

Dalam beberapa hari terakhir jumlah pemohon izin hajatan bisa mencapai 150.

Pernikahan (Ilustrasi)
Foto: Republika
Pernikahan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung menyatakan, permohonan izin menggelar hajatan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menunjukkan tren peningkatan selama dua pekan terakhir. Hal ini seiring bertambahnya daerah berstatus zona kuning dan hijau.

"Hari-hari ini permohonan izin hajatan bisa mencapai 150 pemohon. Jumlah ini tiga kali lebih banyak dari biasanya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro di Tulungagung, Rabu.

Baca Juga

Menurut Galih, ada dua faktor yang mempengaruhi tingginya jumlah warga yang mengajukan permohonan izin menggelar hajatan.

Pertama karena wilayah yang masuk zona kuning dan zona hijau di Tulungagung terus bertambah. Sehingga pelonggaran aturan diberikan.

Kedua karena faktor kepercayaan adat Jawa yakni setiap bakda Maulud (usai Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW), masyarakat Jawa meyakini sebagai bulan yang baik untuk menggelar hajatan. "Saya kira dua hal itu saling berkaitan," kata Galih menimpali.

Ia menjelaskan, dari 19 kecamatan yang ada, 13 di antaranya sudah menjadi zona hijau, empat zona kuning dan dua zona oranye. Izin penyelenggaraan hajatan boleh dilakukan di wilayah yang sudah hijau atau kuning. "Sedang di zona yang masih merah, izin hajatan masih belum diperbolehkan yaitu di Kecamatan Gondang dan Kedungwaru," katanya.

Izin hajatan tidak diberikan pada desa yang kedapatan ada kasus positif Covid-19, dan desa-desa yang berada dekat dengan desa tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement