Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Giliran Nasabah Maybank di Solo Adukan Uang Tabungannya Raib

Kamis 19 Nov 2020 03:10 WIB

Red: Nidia Zuraya

Logo Maybank.  Seorang nasabah di Solo kehilangan dana simpanannya di Maybank senilai Rp 72 juta.

Logo Maybank. Seorang nasabah di Solo kehilangan dana simpanannya di Maybank senilai Rp 72 juta.

Foto: EPA
Dari total uang tabungan nasabah tersebut Rp 72 juta, hanya tersisa Rp 80 ribu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta sudah menerima aduan salah satu nasabah Maybank terkait dengan hilangnya uang tabungan sebesar Rp 72 juta. Terkait dengan hal itu, OJK Surakarta akan mencoba memfasilitasi dengan mempertemukan pihak Maybank dengan nasabah tersebut.

"Sore ini OJK Solo sudah menerima pengaduan dari nasabah yang bersangkutan," kata Kepala OJK Surakarta Eko Yunianto di Solo, Rabu (18/11).

Baca Juga

Meski demikian, untuk waktu pertemuan, pihaknya belum dapat memastikan. Menurut dia, dari klarifikasi pihak Maybank, nasabah tersebut sudah melakukan pengaduan ke Maybank, kemudian ditembuskan ke OJK.

Selain itu, yang bersangkutan juga sudah melaporkan ke polisi yang saat ini masih dalam penyelidikan. Ia mengatakan bahwa OJK memperoleh informasi transaksi yang berdampak pada raibnya uang tersebut dilakukan melalui mobile banking dan terjadi pada saat ponsel milik nasabah mengalami masalah.

"Tentunya hal ini agar menjadi perhatian kita semua supaya lebih waspada dan wajib menjaga data pribadi kita yang meliputi password/PIN, nama ibu kandung, dan lain-lain, termasuk meyakini bahwa nomor HP yang tercatat pada data kita sudah benar," ujarnya.

Ia melanjutkan, "Transaksi melalui mobile banking tentunya akan dikonfirmasi melalui notifikasi yang dikirimkan ke HP yang tercatat pada database nasabah."

Sebelumnya, seorang nasabah bank Maybank di Solo atas nama Candraning Setyo mengaku kehilangan uang tabungannya. Dari total uang tabungan yang dimilikinya sebesar Rp 72.653.000, hanya tersisa Rp 80 ribu.

Kuasa hukum korban, Gading Satria Nainggolan, mengatakan bahwa kasus yang dialami kliennya berawal pada bulan Juni 2020. Pada saat itu, kata dia, nomor ponsel suami Candra yang terdapat internet banking tempat Candra menabung tiba-tiba hilang sinyal.

Saat mengurus di gerai provider, Candra hanya diberikan kartu baru tanpa dijelaskan permasalahan yang terjadi. "Beberapa hari kemudian, klien saya ke bank untuk mencetak rekening koran. Dari situ ada transaksi ganjil dan diketahui saldonya tersisa Rp 80 ribu," katanya.

Terkait dengan transaksi salah satu nasabah, perwakilan dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Tommy Hersyaputera mengatakan saat ini pihak bank sedang melakukan investigasi atas pengaduan tersebut.

"Perlu kami ingatkan kembali kepada para nasabah yang menggunakan fasilitas internet termasuk mobile banking agar senantiasa waspada dalam mengelola nomor telepon seluler yang digunakan," katanya.

Ia juga meminta nasabah menjaga kerahasiaan data, seperti login, PIN, password, dan sandi TAC untuk tidak disampaikan kepada siapa pun, termasuk staf bank.

Selain itu, lanjut dia, juga senantiasa membuat password yang kuat sehingga tidak mudah diketahui oleh pihak lain.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA