Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Big Hit akan Mengakuisisi KOZ Entertainment

Kamis 19 Nov 2020 00:55 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nidia Zuraya

Big Hit Entertainment.

Big Hit Entertainment.

Foto: wikimedia.org
KOZ Entertainment merupakan label yang didirikan superstar hip-hop Korsel Zico.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Setelah melakukan go public, Big Hit Entertainment berencana melakukan aksi korporasi lainnya. Label musik dan manajamen yang menaungi boyband BTS ini mengumumkan rencana untuk mengakuisisi KOZ Entertainment, label yang didirikan superstar hip-hop dan produser musik Korea Selatan, Zico. 

Zico merupakan pemilik satu hit terbesar Korea 2020 dengan single viral Any Song.  Pria berusia 28 tahun ini awalnya memasuki industri musik Korsel sebagai leader boyband Block B dan bertahan di genre musik hip-hop.

Baca Juga

Didirikan pada November 2018, KOZ Entertainment tergolong sebagai label yang relatif muda untuk bergabung dengan sistem label Big Hit yang mencakup Source Music (manajemen bagi girl group top chart GFriend) dan Pledis Entertainment (yang menaungi sesama boyband terlaris Seventeen dan NU’EST). KOZ saat ini menawarkan lineup, termasuk Zico serta penyanyi dan penulis lagu, Dvwn, yang direkrut ke label pada November lalu, dan telah berkolaborasi dengan sejumlah industri terkenal seperti produser Giriboy dan vokalis Cheeze.

Awal tahun ini, Zico muncul sebagai mentor dan juri bersama CEO Big Hit Bang Si-Hyuk dalam acara kompetisi menyanyi boyband I-Land yang melahirkan ENHYPEN, dalam proyek bersama antara Big Hit dan konglomerat hiburan Korea, CJENM.

“KOZ menghargai para artis dan kontennya, dan berusaha membuat inovasi dalam industri musik,” kata CEO KOZ, Yoo Seung Hyun, dilansir dari Forbes, Rabu (18/11). 

“Filosofi KOZ sejalan dengan Big Hit yang menginovasikan model bisnis industri musik. Bekerja sama dengan Big Hit, kami akan terus menemukan artis berbakat dan memajukan bisnis global kami."

Sementara itu CEO Big Hit Bang Si-Hyuk menambahkan, “Saya senang bisa berdiri bersama dengan produser dan artis top Korea, Zico. Saya menantikan kesuksesan dari para artis KOZ di pasar global melalui jaringan global Big Hit dan sistem produksi musik yang terorganisir. Saya menantikan sinergi yang akan diciptakan bersama oleh Big Hit dan KOZ.” 

Dalam pernyataan resminya, Big Hit mengatakan bahwa kesepakatan tersebut diharapkan dapat membuka jalan bagi Big Hit untuk memperluas IP artis dan kapasitas produksi.

Berita mengenai akuisisi tersebut, datang di saat Big Hit sedang sibuk mempersiapkan album terbaru BTS yang akan rilis pada Jumat (20/11) besok. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA