Rabu 18 Nov 2020 08:58 WIB

Yarusalem Masih Jadi Sumber Konflik Israel-Palestina

Konflik Palestina-Israel masih jadi sumber konf

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Yarusalem Masih Jadi Sumber Konflik Israel-Palestina. Foto:     Umat ??Muslim berkumpul untuk salat Jumat, di samping Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di kota tua Yerusalem, Jumat, 6 November 2020. Pimpinan Palestina mengecam keputusan Uni Emirat Arab untuk menjalin hubungan dengan Israel
Foto: AP/Mahmoud Illean
Yarusalem Masih Jadi Sumber Konflik Israel-Palestina. Foto: Umat ??Muslim berkumpul untuk salat Jumat, di samping Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di kota tua Yerusalem, Jumat, 6 November 2020. Pimpinan Palestina mengecam keputusan Uni Emirat Arab untuk menjalin hubungan dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM—Setelah pembukaan rute Israel-Abu Dhabi, kini Yarusalem Timur mulai kembali dipadati turis setelah berbulan-bulan sepi karena wabah virus corona. 

Kota suci yang sebelumnya lebih mirip kota hantu itu kini mulai kembali menampakkan kehidupan. Warga Palestina berharap dapat segera merealisasikan ‘negara’ mereka di wilayah tersebut, termasuk Yarusalem Timur dan Tepi Barat, yang dikuasai Israel sejak 1967 silam. 

Baca Juga

Dukungan Arab, yang dipandang sebagai bentuk kunci dari pengaruh dalam beberapa dekade negosiasi perdamaian, sekarang tampaknya menguap, membuat Palestina bisa dibilang lebih lemah dan lebih terisolasi daripada titik mana pun dalam sejarah baru-baru ini.

Dalam perkembangan yang mencolok pekan lalu, delegasi pemukim Israel mengunjungi Emirates untuk membahas peluang bisnis.  Warga Palestina memandang permukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai penghalang utama perdamaian, dan sebagian besar komunitas internasional menganggapnya ilegal.

 

Tetapi prospek pariwisata religi yang diperluas pada akhirnya dapat menguntungkan warga Israel maupun Palestina, karena keberadaan turis Teluk yang kaya dan peziarah Muslim dari tempat yang lebih jauh memanfaatkan hubungan udara baru dan hubungan yang lebih baik untuk mengunjungi Al-Aqsa dan situs suci lainnya.

Disisi lain, Israel menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kotanya, dan terus memasarkan kota itu kepada para pelancong.

Hassan-Nahoum, yang baru-baru ini mengunjungi Emirates dan merupakan salah satu pendiri Dewan Bisnis UEA-Israel, mengatakan bahwa kotamadya Yarusalem menjangkau operator tur Arab lokal untuk memastikan manfaatnya menjangkau semua orang.

Abu-Dayyeh menargetkan 28 penerbangan rute Tel Aviv-Dubai maupun Tel Aviv-Abu Dhabi dalam sehari untuk memudahkan para pelancong dari Timur Jauh dan Amerika Selatan untuk mengunjungi Tanah Suci.

Dia juga yakin operator Palestina akan mampu bersaing. 

“Kami berada di bawah ini dan kami telah memberikan layanan ini selama bertahun-tahun, bahkan selama ratusan tahun,” katanya yang dikutip di Arab News, Rabu (18/11). 

 Lebih dari selusin toko Palestina di Kota Tua Yerusalem ditutup karena virus korona, dan menolak berkomentar tentang dorongan untuk pariwisata Teluk, dengan mengatakan itu terlalu sensitif secara politik. Ada juga kekhawatiran bahwa dorongan Israel untuk mempromosikan pariwisata ke Al-Aqsa dapat meningkatkan ketegangan.

Esplanade puncak bukit di Kota Tua, rumah bagi Masjid Al-Aqsa dan kuil Kubah Batu yang ikonik, adalah situs tersuci ketiga dalam Islam.  Itu juga merupakan situs tersuci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount karena itu adalah lokasi dari dua kuil alkitabiah di zaman kuno.

Situs ini menjadi sumber utama yang diperebutkan dalam konflik Israel-Palestina, dan ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena orang Yahudi religius dan nasionalis telah mengunjungi dalam jumlah yang lebih besar, dikawal oleh polisi Israel.

Pejabat dari Waqf, badan agama Yordania yang mengawasi kompleks masjid, menolak mengomentari upaya Israel untuk mempromosikan pariwisata Teluk ke situs tersebut, menggarisbawahi kepekaan politik.

Ikrema Sabri, imam yang memimpin salat Jumat di Al-Aqsa, mengatakan setiap kunjungan harus dikoordinasikan dengan Wakaf sehingga mereka tidak memajukan klaim kedaulatan Israel atas situs tersebut.  Orang-orang Palestina telah lama khawatir bahwa Israel bermaksud untuk mengambil alih situs tersebut atau memisahkannya.  Pemerintah Israel mengatakan berkomitmen pada status quo.

“Setiap pengunjung dari luar Palestina harus berkoordinasi dengan Wakaf,” kata Sabri.  

"Tapi setiap pengunjung dari sisi pendudukan, kami tidak menerima atau menerima mereka,” sambungnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement