Rabu 18 Nov 2020 06:55 WIB

Babak Pertama, Brasil Ungguli Uruguay 2-0

Brasil memimpin melalui gol Arthur dan Richarlison.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Brasil Richarlison saat melawan Uruguay.
Foto: EPA-EFE/Raul Martinez
Penyerang Brasil Richarlison saat melawan Uruguay.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil tampil lebih efektif dari Uruguay pada babak pertama putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion Centenario, Montevideo, Uruguay, Rabu (18/11) pagi WIB. Brasil unggul 2-0 melalui gol Arthur dan Richarlison, meski tuan rumah tampil cukup dominan hampir sepanjang babak pertama.

Brasil yang bertindak sebagai tim tamu tak ragu untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Uruguay pada menit-menit awal pertandingan. Namun, tidak ada ancaman berarti ke gawang Martin Campana.

Baca Juga

Menit kelima, Darwin Nunez hampir membuka skor untuk Uruguay saat ia melakukan penetrasi ke kotak penalti Brasil. Nunez melepaskan tembakan dengan kaki kanannya dari sisi kiri, tapi bola hanya membentur mistar gawang yang dijaga Ederson Moraes.

Uruguay kembali menciptakan peluang emasnya pada menit ke-11 saat Edinson Cavani menyelesaikan umpan silang di depan gawang dengan tandukannya. Namun, bola hanya meleset sedikit di atas mistar gawang.

Selama 25 menit pertandingan berlangsung, Uruguay menjadi kubu yang lebih banyak memberikan tekanan ke lini pertahanan lawan. Tuan rumah mencatat lebih banyak tembakan ke gawang dengan tiga di antaranya mengarah tepat ke gawang, sementara Brasil hanya mencatat satu tembakan tepat sasaran.

Namun, Brasil justru berhasil mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-34 dengan tendangan Arthur dari luar kotak 16 saat menerima umpan tarik dari Gabriel Jesus.

Tiga menit berselang, Firmino hampir menggandakan keunggulan ketika menerima umpan terobosan dari sisi kiri. Namun, sentuhan terakhirnya berhasil diamankan oleh Campana.

Brasil berhasil menggandakan keunggulan sebelum babak pertama berakhir. Berawal dari situasi tendangan sudut yang ditarik ke belakang, kemudian Lodi memberikan umpan ke tengah gawang dan diselesaikan oleh Richarlison untuk membawa Brasil unggul 2-0.

Uruguay hampir memperkecil ketertinggalan di menit-menit akhir, namun tandukan membentur mistar gawang. Babak pertama pun berakhir 2-0 untuk Brasil.

Susunan pemain kedua tim:

Uruguay: M. Campana; M. Caceres, J. Gimenez, D. Godin, A. Oliveros; N. Nandez, L. Torreira, R. Bentancur, N. De La Cruz; E. Cavani, D. Nunez

Pelatih: O. Tabarez Silva

Brasil: Ederson Moraes; R. Lodi, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; D. Luiz, Arthur, Everton Ribeiro; Roberto Firmino, Richarlison, Gabriel Jesus

Pelatih: A. Bacchi

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement