Rabu 18 Nov 2020 06:43 WIB

Jerman Alami Kekalahan Terbesar dalam Hampir 90 Tahun

Jerman dipermalukan Spanyol 0-6 dalam pertandingan UEFA Nations League.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Jerman Timo Werner tertunduk setelah gawang timnya dijebol Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League.
Foto: EPA-EFE/Julio Munoz
Penyerang Jerman Timo Werner tertunduk setelah gawang timnya dijebol Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman harus menerima kekalahan memalukan sepanjang sejarah internasional ketika takluk 0-6 dari Spanyol dalam pertandingan UEFA Nations League, Rabu (18/11) dini hari WIB. Itu kekalahan terburuk Die Mannschaft dalam hampir 90 tahun. Gol-gol Spanyol diciptakan oleh hat-trick Ferran Torres dan sisanya oleh Alvaro Morata, Rodri, dan Mikel Oyarzabal.

Hasil tersebut melampaui kekalahan yang populer seperti skor 5-1 dari Inggris pada 2001 dan kekalahan 8-3 yang diderita Jerman Barat dari Hungaria selama Piala Dunia 1954, seperti dikutip dari Goal.

Baca Juga

Jerman hanya pernah mengalami kekalahan yang sama saat dibantai Austria 0-6 pada tahun 1931. Skor lebih besar saat kalah 0-9 melawan Inggris Amateurs pada 1909, ketika konsep tim nasional Jerman masih dalam tahap awal.

Terakhir kali Jerman kebobolan enam kali dalam satu pertandingan adalah pada Piala Dunia 1958, di perebutan tempat ketiga melawan Prancis.

Hasil ini akan menimbulkan pertanyaan serius tentang posisi Joachim Loew sebagai pelatih dengan kekalahan ini. Apalagi setelah Jerman juara Piala Dunia 2014, Loew praktis tak bisa mempersembahkan gelar baru untuk Jerman.

Jerman gagal melepaskan satu tembakan tepat sasaran selama pertandingan, dan hanya memiliki 30 persen penguasaan bola. Serge Gnabry membentur mistar tetapi tuan rumah bisa saja mencetak lebih dari enam gol dengan 23 tembakan, 16 di antaranya berasal dari kotak penalti.

Man of the match Torres menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick untuk Spanyol melawan Jerman. Itu juga pertama kalinya Spanyol mencetak tiga gol dalam 45 menit pertama melawan Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement