Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Inspiratif, Uang Buwuhan Disumbangkan untuk Bangun Sumur Bor

Rabu 18 Nov 2020 03:48 WIB

Red: Irwan Kelana

Pasangan pengantin di Surabaya, Sarah Jeihan Indra Putri dan Mohammad Iqbal menyedekahkan seluruh uang hasil buwuhan untuk membangun sumur bor melalui Laznas BMH.

Pasangan pengantin di Surabaya, Sarah Jeihan Indra Putri dan Mohammad Iqbal menyedekahkan seluruh uang hasil buwuhan untuk membangun sumur bor melalui Laznas BMH.

Foto: Dok BMH
Hal itu untuk membantu warga yang rawan kekeringan dan krisis air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pasangan pengantin di Surabaya, Sarah Jeihan Indra Putri dan Mohammad Iqbal punya cara tersendiri untuk berbagi kebahagiaan di momen pernikahan mereka.  Pasangan tersebut menyumbangkan seluruh uang hasil buwuhan (sumbangan/kondangan) dari keluarga, teman  dan tamu yang datang untuk disedekahkan melalui Lembaga Filantropi Baitul Maal Hidayatullah (BMH) guna  membantu pembangunan sumur bor di daerah rawan kekeringan dan krisis air bersih.

Pernikahan yang berlangsung di Gedung Graha YKP Jalan Medokan Asri Utara No.39, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, pada ahad pagi berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan, Ahad  (15/11).

Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) sendiri sebagai lembaga kemanusiaan yang saat ini sedang gencar dalam program kemanusiaan membantu warga yang kesulitan air bersih melalui pembangunan sumur bor, mendapat kepercayaan menerima amanah buwuhan manten tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada pasangan pengantin yang telah ikut membantu warga melalui kesempatan hajatan ini. Semoga bantuan ini menjadi pahala jariyah dan salah satu sarana keberkahan bagi kedua mempelai dalam menjalani kehidupan rumah tangga, amin,” tutur Imam Muslim selaku kepala Divisi Prodaya Laznas BMH Perwakilan Jatim dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Niat untuk menyerahkan hasil buwuhan ini memang sudah sejak lama serta sudah menjadi kesepakatan keluarga bersama, dengan harapan bisa meringankan beban masyarakat yang mengalami krisis air bersih di berbagai daerah. Seperti dituturkan Ibu Yuliani, Ibu dari mempelai perempuan Sarah Jeihan Indra Putri.

“Kita tahu di musim kemarau, banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.  Lalu saya menawarkan kepada keluarga untuk menyumbangkan uang buwuhan nanti untuk membantu pembangunan sumur bor.  Alhamdulillah semua keluarga saya dan keluarga besan saya kompak setuju. Lalu kami langsung konsultasikan kepada petugas BMH, dan ditawarkan kepada kami untuk pembangunan sumur bor karena pahala jariyahnnya,” tutur Ibu Yuliana.

Banyak tamu undangan yang mengapresiasi kegiatan terpuji dan  inspiratif pasangan pengantin ini. Bahkan beberapa kolega juga memberikan dukungan kepada keduanya meskipun saat menyumbang buwuhan tidak mengetahui bakal disumbangkan untuk bantuan pembanguanan sumur bor daerah kekeringan dan rawan air bersih.        

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA