Rabu 18 Nov 2020 00:05 WIB

Jelang Lawan Spanyol, Performa Jerman Disorot

Jerman mesti bisa memetik poin penuh kala menghadapi Spanyol

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
 Manuel Neuer
Foto: EPA-EFE/LUKAS BARTH-TUTTAS
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLE -- Kendati berhasil mengambil alih puncak klasemen sementara Grup A4 UEFA Nations League, tapi performa Jerman tetap berada dalam sorotan.

Kinerja Die Mannschaft, terutama di sektor pertahanan, dinilai belum terlalu menyakinkan. Pasalnya, dari lima laga penyisihan Grup A4, Die Mannshchaft tidak pernah mencatatkan clean sheet.

Total, dari lima laga yang telah dilakoni, gawang Jerman telah kebobolan tujuh gol. Tidak hanya itu, Jerman pun mengawali kiprahnya di UEFA Nations League dengan tertatih-tatih usai menelan hasil imbang di dua laga awal.

Namun, secara perlahan, tim besutan Joachim Loew itu mampu memperbaiki performa dengan torehan dua kemenangan dan satu hasil imbang di tiga laga terakhir, termasuk kemenangan, 3-1, atas Ukraina, akhir pekan lalu.

Berkat torehan tersebut, Die Mannschaft sukses mengambil alih peringkat teratas klasemen sementara Grup A4 dari Spanyol dengan keunggulan satu poin. Kendati begitu, posisi Jerman belum sepenuhnya aman.

Juara Piala Dunia 2014 itu mesti bisa memetik poin penuh kala menghadapi Spanyol di laga pamungkas Grup A4, Rabu (18/11) dini hari WIB, demi bisa memastikan satu tempat di empat besar UEFA Nations League musim ini.

Kiper sekaligus kapten timnas Jerman, Manuel Neuer, pun menegaskan, laga kontra Spanyol akan menjadi laga final buat Die Mannschaft. ''Buat kami, laga itu seperti halnya laga final. Kami akan mempersiapkan diri selayaknya menghadapi laga final,'' tutur Neuer di laman resmi klub, Selasa (17/11).

Tidak hanya itu, penjaga gawang Bayern Muenchen itu juga mengakui, pada sepanjang tahun, performa Die Mannschaft memang kurang memuaskan.

Neuer pun menyebut, keberhasilan mengalahkan La Furia Roja dan melangkah ke babak semifinal UEFA Nations League dapat menjadi cara buat timnas Jerman untuk menjawab kritik dan keraguan terkait performa di atas lapangan.

''Harus diakui, kami sedikit mengalami kemunduran pada tahun ini. Kami kebobolan begitu banyak gol. Namun, bisa menjuarai Grup A4 dan lolos ke babak semifinal akan sangat membantu kami. Setidaknya, kami bisa menjawab kritik dan keraguan yang dialamatkan kepada kami,'' ujar Neuer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement