Selasa 17 Nov 2020 20:00 WIB

Perjalanan Karier Bruno Fernandes Terungkap, Seperti Apa?

Fernandes pernah dikontrak klub Seri B Italia Novara dengan harga 40 ribu Euro

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
 Bruno Fernandes dari Manchester United melakukan selebrasi setelah mencetak gol 1-0 dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 04 Oktober 2020.
Foto: EPA-EFE/Alex Livesey
Bruno Fernandes dari Manchester United melakukan selebrasi setelah mencetak gol 1-0 dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 04 Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebelum menjadi bintang Manchester United, Bruno Fernandes pernah dikontrak klub Seri B Italia Novara dengan harga 40 ribu Euro atau sekira Rp 668 juta.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Football Italia, Mauro Borghetti mantan kepala tim yunior klub Novara adalah orang yang mengontrak Bruno Fernandes dari Boavista pada tahun 2012.

“Kami melakukan pekerjaan pencarian untuk Fernandes, kami pergi untuk melihat skuad Boavista U19 bermain pada hari Sabtu itu. San dia adalah nama yang kami pantau."

“Dia memiliki rentang usia yang tepat dan potensi biaya yang tepat, bahkan jika bayarannya sedikit di luar kemampuan kami, sekitar 40 ribu Euro,” jelasnya.

"Tidak apa-apa jika Anda berpikir tentang pemain seperti sekarang ini, tetapi pada saat itu dia pemain yang tidak dikenal dan mengontraknya untuk uang itu adalah investasi penting untuk klub seperti Novara. Kami mengambil tanggung jawab."

Kemudian, Fernandes meninggalkan Novara untuk bergabung dengan Udinese pada musim panas berikutnya seharga 5 juta Euro atau sekira Rp 83 Milyar menjadi penjualan termahal di Novara. Borghetti mengenang seorang pemain yang menonjol karena sikapnya dan juga kemampuannya.

"Dia tidak melakukan hal-hal hebat dalam permainan itu, tetapi dia adalah pesepakbola yang menunjukkan keterampilan teknis dan visi yang hebat. Di atas segalanya, dia memiliki kepribadian yang hebat yang membedakannya sekarang karena dia bermain sepak bola di level atas.

“Sejauh ini, seperti yang saya tahu, kami adalah satu-satunya klub yang ingin merekrutnya saat itu dan dia segera menerima tawaran kami,” ujarnya.

Fernandes bergabung dengan tim Primavera (U19) dan tinggal di pusat teknis Novarello. Borghetti  menceritakan sang pemain kemudian melakukan pertandingan persahabatan pramusim dan pertandingan liga resmi dengan skuad U19 tetapi dia memiliki kualitas penting juga di luar lapangan.

“Dia bekerja keras, langsung mencoba belajar bahasa Italia, dia bergabung dengan grup dan langsung disambut karena dia mampu menjalin hubungan baik dengan rekan satu timnya.  Dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan semua tokoh di dalam Novarello,” kata Borghetti.

Borghetti menambahkan terkadang ibu atau pacarnya datang mengunjunginya. Dia adalah orang yang memiliki kedalaman tertentu. Ketenaran dan selebriti tidak mengubahnya.

Fernandes memainkan pertandingan pertamanya dengan tim Novara U19 pada Oktober 2012 di Livorno dan mencetak gol dalam kemenangan 2-1 timnya.  “Awalnya dia agak khawatir karena dia belum terdaftar dan dia ingin tahu kapan dia bisa mulai bermain,” kata Borghetti.

Dalam beberapa bulan kemudian Fernandes masuk tim utama. Pelatih U19 Giacomo Gattuso dipromosikan ke tim senior pada bulan Oktober untuk menggantikan Attilio Tesser, yang telah dipecat. Giacomo segera membawa Bruno bersamanya, kemudian pelatih kembali ke tim Primavera dan [Alfredo] Aglietti ditunjuk sebagai pelatih kepala Novara tiga pertandingan kemudian.

Bruno tidak mengikuti Gattuso di U19 dan dalam enam bulan berikutnya dia akan mencetak empat gol Serie B,” gol profesional pertama dalam karirnya - meskipun bermain sebagai gelandang yang lebih ortodoks.

"Dia bermain di tengah lapangan, sebagian besar dalam beberapa situasi lebih dekat dengan penyerang. Dia memiliki kualitas yang bagus untuk bermain di tengah lapangan. Dia sedikit lebih sebagai gelandang ofensif sekarang, tetapi dia memiliki kualitas. untuk bermain di setiap posisi di tengah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement