Selasa 17 Nov 2020 19:31 WIB

Leeds United Incar Gelandang Muda Benfica Florentino Luis

Florentino Luis, yang masuk dalam radar The Whites.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Gelandang muda Benfica, Florentino Luis.
Foto: EPA-EFE/OCTAVIO PASSOS
Gelandang muda Benfica, Florentino Luis.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Leeds United menyambut keberhasilan promosi ke Liga Primer Inggris musim ini dengan perekrutan sejumlah penggawa anyar pada bursa transfer awal musim. Tidak tanggung-tanggung, The Whites mendatangkan setidaknya lima penggawa baru, dengan total nilai transfer mencapai lebih dari 100 juta euro.

Dari lima nama pemain tersebut terselip nama penyerang asal Spanyol, Rodrigo Moreno, yang direkrut Leeds dari Valencia dengan nilai transfer mencapai 30 juta euro. Tidak hanya itu, The Whites juga mendatangkan bek tengah Real Sociedad, Diego Llorente. Kendati begitu, Leeds United ternyata masih mengincar nama lain pada jendela transfer musim panas silam.

Baca Juga

Adalah gelandang bertahan asal Portugal, Florentino Luis, yang masuk dalam radar The Whites. Luis mulai menarik perhatian klub-klub besar Eropa usai mampu menembus tim utama Benfica pada usia 21 tahun. Kabarnya, Leeds United sempat bersaing ketat dengan AC Milan demi bisa mendapatkan Luis.

Ketertarikan Leeds United terhadap Luis ini akhirnya dikonfirmasi oleh Direktur Sepak Bola Leeds United, Victor Orta. Bahkan Orta menyebut, Leeds telah membuka negosiasi dengan Benfica terkait kemungkinan perekrutan Luis. Namun, Benfica enggan melepas Luis secara permanen. Runner-up Liga Portugal musim lalu itu hanya berminat melepas Luis sebagai pemain pinjaman.

''Ya, kami tertarik dan menyukai gaya permainan Luis. Namun, Benfica hanya mau melepasnya sebagai pemain pinjaman. Dengan skema peminjaman itu, Benfica berharap, Luis bisa mendapatkan pengalaman dan menit bermain lebih banyak bersama klub lain,'' tutur Orta kepada Record, Selasa (17/11).

Tidak hanya soal skema kepindahan, Orta juga menilai, kehadiran Luis di The Whites justru akan menimbulkan masalah tersendiri di tim besutan Marcelo Bielsa tersebut. Berposisi asli sebagai gelandang bertahan, Luis dinilai akan mengancam perkembangan gelandang bertahan hasil akademi sepak bola Leeds United, Kalvin Phillips. 

''Di posisinya, gelandang bertahan, kami sudah memiliki Kalvin Phillips. Dia adalah pemain didikan akademi sepak bola Leeds United. Karena itu, operasi mendatangkan Luis tidak memberikan keuntungan dan solusi apapun buat tim ini,'' kata Orta.

Kendati gagal pindah ke Leeds United, Luis tidak kehilangan peminat. AS Monaco akhirnya setuju meminjam Luis dari Benfica selama satu musim. Di kontestan Ligue 1 tersebut, pemain yang dibanderol dengan nilai transfer mencapai 25 juta euro itu telah tampil di empat laga pada awal musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement