Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Southgate Siap Berdebat dengan Para Manajer Liga Primer

Selasa 17 Nov 2020 18:23 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Manajer Inggris Gareth Southgate menunggu dimulainya pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Irlandia di stadion Wembley di London, Inggris, Kamis 12 November 2020.

Manajer Inggris Gareth Southgate menunggu dimulainya pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Inggris dan Irlandia di stadion Wembley di London, Inggris, Kamis 12 November 2020.

Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Para pemain klub Liga Primer yang memperkuat timnas bertumbangan karena cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate akan berbicara dengan para manajer Liga Inggris untuk meredakan ketakutan terhadap pemainnya yang berpotensi mengalami kelelahan. Southgate harus kehilangan dua pemain lagi karena cedera yaitu Jordan Henderson dan Rahemm Sterling.

Sementara Ben Chilwell juga menderita cedera punggung namun masih belum bisa dipastikan apakah akan menyusul Henderson dan Sterling yang kembali ke klubnya masing-masing. Rencana Southgate terganggu yang disebabkan masalah kebugaran dan cedera sejak September.

Tak banyak rotasi pemain yang dilakukan Southgate sehingga menyebabkan pemain kelelahan dan cedera menjad sorotan para manajer Liga Inggris. Mereka mengeluhkan jadwal padat yang merugikan pemain.

"Saya harus bersikap adil kepada manajer klub. Mereka adalah para pemainnya, pertama, dan mereka memiliki hak untuk memainkan dan menggunakannya sesuai keinginan mereka,” ujar Southgate dilansir dari Daily Mail, Selasa (17/11).

Ia ingin membantu beban para manajer. Ia mengeklaim telah memberikan waktu banyak pemulihan kepada pemain. Ia juga mengurangi latihan namun tetap banyak pemain mengalami cedera. Masalah ini akan dibicarakan karena pemain biasanya tanpa libur di musim dingin.

Southgate juga terkesan dengan penampilan pemain muda Arsenal Bukayo Saka. Ia menjadi pesaing berat Ben Chilwell sebagai bek sayap dalam perebutan tempat di skuat Inggris untuk Piala Eropa. Namun belum bisa dipastikan apakah Saka akan dimainkan melawan Islandia.

Southgate pun melihat James Justin sebagai opsi jangka panjang. Bek Leicester City tersebut berlatih bersama tim senior awal musim ini. Justin mengatakan berlatih bersama tim senior merupakan pengalaman besar. Ia bercita-cita bisa menjadi bagian dari tim senior suatu saat nanti.

Southgate menambahkan, Jack Grealish kemungkinan akan masuk sebagai starter untuk ketiga kalinya berturut-turut. Harry Maguire akan kembali ke starting XI setelah menjalani skorsing satu pertandingan. Begitu juga dengan Phil Foden yang kemungkian akan dimainkan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA