Selasa 17 Nov 2020 17:51 WIB

KAI Persiapkan Operasional LRT Jabodebek

KAI bersama para pemangku kepentingan rutin melakukan pengujian LRT Jabodebek.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Rangkaian LRT yang siap diuji coba di Jakarta, pekan lalu. KAI terus melakukan persiapan untuk operasional LRT Jabodebek.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rangkaian LRT yang siap diuji coba di Jakarta, pekan lalu. KAI terus melakukan persiapan untuk operasional LRT Jabodebek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan persiapan untuk operasional LRT Jabodebek. Pemerintah menargetkan, LRT Jabodebek baru bisa beroperasi pada pertengahan 2022. 

"Saat ini KAI bersama para pemangku kepentingan terkait rutin melakukan uji dinamis sarana LRT Jabodebek. Hal ini untuk memastikan sarana dalam kondisi siap operasi," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (17/11). 

Baca Juga

Sebelum dapat beroperasi secara komersial, Joni mengatakan, setiap sarana LRT Jabodebek harus dilakukan pengujian secara bertahap. Pengujian tersebut meliputi Factory Acceptance Test, Uji Dinamis Sarana, Uji Komunikasi, Uji Integrasi dan Trial Run, serta Uji Kelaikan Operasi.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017 pasal 8A dan 16, KAI ditugaskan untuk melakukan penyelenggaraan Sarana dan Prasarana LRT. Termasuk juga  dengan pendanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek.

Joni menuturkan, KAI telah membentuk divisi LRT Jabodebek yang bertugas untuk merencanakan, mengevaluasi, dan mengoptimalkan penyiapan penyelenggaraan kegiatan sarana dan prasarana sesuai penugasan pemerintah. Dalam hal kesiapan penyelenggaraan sarana, KAI melakukan kontrak pengadaan sebanyak 31 trainset atau 186 kereta LRT Jabodebek dari PT Industri Kereta Api (Persero). Kerja sama dengan PT Inka itu senilai Rp 3,9 triliun.

Joni memastikan, saat ini Inka telah menyelesaikan 11 trainset LRT dan ditempatkan di jalur utama antara Stasiun Harjamukti - Stasiun Ciracas untuk  selanjutnya dilakukan pengujian oleh pihak-pihak terkait. Sisanya, sedang dalam proses antrian pengiriman dan penyelesaian oleh Inka di pabriknya yang berada di Madiun. 

"KAI membeli sarana LRT Jabodebek dari PT Inka dimana hal tersebut merupakan bentuk dari kolaborasi antar BUMN. Sebagai salah satu konsumen dari produk-produk PT Inka, KAI bangga dan yakin akan kualitas produk PT Inka," ungkap Joni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement