Selasa 17 Nov 2020 16:45 WIB

Mendag: APEC Kunci Pertumbuhan Ekonomi Asia Pasifik

Indonesia mendukung APEC melalui kebijakan yang fasilitatif.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. Dalam Pertemuan Tingkat Menteri forum APEC, Agus menyampaikan, Indonesia terus mendukung upaya APEC dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.
Foto: BNPB Indonesia
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. Dalam Pertemuan Tingkat Menteri forum APEC, Agus menyampaikan, Indonesia terus mendukung upaya APEC dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menekankan pentingnya membangun komunitas forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) sebagai kunci pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik.

"Kunci utama bagi APEC adalah kemampuan membangun rasa kebersamaan sebagai suatu komunitas untuk memastikan keberhasilan pencapaian tujuan-tujuan APEC di masa depan," kata Agus melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (17/11).

Baca Juga

Rasa kebersamaan antar ekonomi APEC sebagai komunitas akan mendorong ekonomi APEC dalam mencapai tujuannya.

Cita-cita APEC untuk mewujudkan integrasi ekonomi regional dan memperkuat konektivitas kawasan akan lebih mudah terealisasi apabila APEC mampu menciptakan rasa kebersamaan. APEC Bogor Goals 1994 telah berhasil menciptakan landasan yang kuat bagi APEC untuk mewujudkan hal tersebut.

Hal tersebut Agus sampaikan dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) secara virtual, Senin (16/11). Hadir pula di sana Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pertemuan kali ini membahas tindak lanjut program kerja nyata forum APEC dalam mendukung prioritas APEC 2020, termasuk upaya penanganan pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

Rasa kebersamaan APEC sebagai satu komunitas menekankan pentingnya untuk mengarahkan fokus APEC dalam mengurangi kesenjangan pembangunan di antara ekonomi APEC. Juga mempersempit kesenjangan terutama dalam pemanfaatan ekonomi digital yang semakin berkembang dengan pesat.

Prinsip APEC sebagai satu komunitas ini juga sangat berperan penting dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang saat ini terus menjadi prioritas utama APEC.

"Indonesia terus mendukung upaya APEC dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19. Antara lain melalui peningkatan kebijakan yang lebih fasilitatif terhadap perdagangan untuk menghindari tindakan saling menghambat yang dapat memperburuk dampak pandemi terhadap kinerja perdagangan," kata Agus.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement