Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Benarkah Tanda-Tanda Kiamat Itu Fiktif dan Ilusi Belaka?

Selasa 17 Nov 2020 05:15 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Banyak ayat dan hadits menguatkan tentang pastinya tanda kiamat. Ilustrasi kiamat

Banyak ayat dan hadits menguatkan tentang pastinya tanda kiamat. Ilustrasi kiamat

Banyak ayat dan hadits menguatkan tentang pastinya tanda kiamat.

REPUBLIKA.CO.ID,  Assalaamu 'alaikum wr wb. Saya pernah membaca buku bahwa tanda-tanda hari kiamat hanya Allah SWT yang tahu, dan versi yang selama ini kita baca dan dengar adalah versi Israiliyat. Mohon penjelasan Ustadz, wassalam.

Fadlisyah AMd Ssi

Panggoi, Aceh Utara

Jawaban atas pertanyaan di atas disampaikan Prof Quraish Shihab yang tayang di Harian Republika pada tahun 2000: 

Jika yang Anda baca itu benar demikian, maka itu sama sekali tidak benar. Puluhan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tanda-tanda kiamat, baik tanda-tanda yang besar maupun yang kecil. 

Misalnya salah satu tanda besar akan dekatnya kiamat adalah terbitnya matahari dari sebelah barat. Sementara ulama memahami sekian banyak ayat Alquran yang berbicara tentang tanda-tanda tersebut antara lain QS an-Naml (27) ayat 82: 

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ ''Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami''. Demikian juga firman-nya: 

حَتَّىٰ إِذَا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلًا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ ۚ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

''Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman- tanamannya) laksana tanaman-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir.'' (QS Yunus [10]: 24). 

Ayat ini dipahami sebagai menjelaskan tentang kemampuan manusia yang luar biasa dalam bidang teknologi, sehingga pada saat mereka menduga telah mampu melakukan segala sesuatu maka itulah tanda dekatnya kehadiran kiamat yang sangat jelas.

Memang ketentuan pasti tentang kapan datangnya kiamat tidak seorangpun yang mengetahuinya. Sekian banyak ayat Alquran yang menjelaskan hal ini antara lain QS An-Nazi`at (79) ayat 42-44: 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا فِيمَ أَنْتَ مِنْ ذِكْرَاهَا إِلَىٰ رَبِّكَ مُنْتَهَاهَا ''(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya?. Siapakah kamu (sehingga) dapat menyebutkan (waktunya)? Hanya kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahan-nya (ketentuan waktunya).''

Malaikat Jibril pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW kapan datangnya kiamat. Nabi SAW lalu menjawab: "Yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya." Selanjutnya malaikat itu bertanya tentang tanda-tandanya. Nabi menjelaskan sekian banyak tanda-tanda tersebut, antara lain jika Anda melihat orang-orang yang tadinya tanpa alas kaki telah berlomba-lomba membangun bangunan-bangunan yang tinggi. Demikian wa Allah a`lam.

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA