Selasa 17 Nov 2020 02:17 WIB

Karya Mahasiswa UMM Jadi Film Terpilih di Movimax Film Fest

Film mampu mengangkat problematika sekolah daring di masa pandemi Covid-19.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Karya mahasiswa Universitas Muhamadiyyah Malang (UMM) dinobatkan sebagai Film Terpilih di ajang Movimax Film Festival 2020. 
Foto: dok. Humas UMM
Karya mahasiswa Universitas Muhamadiyyah Malang (UMM) dinobatkan sebagai Film Terpilih di ajang Movimax Film Festival 2020. 

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Karya mahasiswa Universitas Muhamadiyyah Malang (UMM) berjudul “Sinyal Nol Biji Nol” dinobatkan sebagai Film Terpilih di ajang Movimax Film Festival 2020. Film besutan rumah produksi Gardav Pictures itu berhasil menyisihkan 17 film lain yang ditayangkan dari 10 sampai 14 November di jaringan bioskop Movimax (Movimax Dinoyo dan Movimax Sarinah).

Berdasarkan rilis yang diterima Republika, film berdurasi 16 menit lima detik yang disutradarai Ilham Fahmi Dzauqy ini menampilkan premis sederhana. Namun film tersebut mampu mengangkat problematika sekolah daring di masa pandemi Covid-19.

Sinyal Nol Biji Nol” menceritakan tentang seorang sekolah Sekolah Dasar bernama Tansah (diperankan oleh Muhammad Latansa), yang berumur 12 tahun. Tansah yang tinggal di pedesaan harus bersusah payah mencari koneksi internet, demi mengikuti upacara daring di hari Kemerdekaan Indonesia. Upacara tersebut sangat penting baginya demi mendapatkan nilai sekolah.

Ia pun lantas melibatkan paklik-nya, Andik untuk mencari koneksi internet. Alih-alih membantu, peran Andik malah menimbulkan masalah lain. Namun Andik pulalah yang akhirnya menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya, dengan cara yang tak terduga.

Proses produksi “Sinyal Nol Biji Nol” melibatkan 10 orang kru dan empat aktor. Tujuh di antaranya merupakan mahasiwa UMM dari berbagai jurusan. Sementara sisanya adalah para pegiat film Malang Raya.

Penghargaan Film Terpilih Movimax Film Festival 2020 adalah penghargaan kedua yang diraih “Sinyal Nol Biji Nol”. Dua bulan sebelumnya, film yang sama juga meraih Juara 3 dalam event Indiskop Festival 2020 Online Short Film Competition.

Selain Film Terpilih, dalam acara Awarding Night yang dihelat di Studio 3 Movimax Sarinah, Sabtu malam (14/11/2020) juga menobatkan pemeran utama film “Sinyal Nol Biji Nol”, Muhammad Latansa sebagai Pemeran Utama Terpilih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement