Senin 16 Nov 2020 19:47 WIB

Mido: Pecat Southgate, lalu Tunjuk Mourinho Sebagai Pelatih

Mido pernah dilatih Southgate di Middlesbrough.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gareth Southgate
Foto: EPA-EFE/VASSIL DONEV
Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR -- Mantan pemain timnas Mesir, Mido memberikan saran kepada timnas Inggris untuk segera mengganti pelatih Gareth Southgate dengan Jose Mourinho. Pernyataan itu menyusul kekalahan the Three Lions atas timnas Belgia pada lanjutan matchday kelima UEFA Nations League 2020/2021 dini hari tadi WIB

"Inggris membutuhkan manajer dengan karakteristik yang kuat, Mereka membuang-buang waktu dengan Jose Mourinho," tegas Mido dikutip Goal, Senin (16/11).

Southgate telah menjabat sebagai pelatih Inggris pada 2016 lalu. Sebelum itu, allenatore berusia 50 tahun itu menjadi manajer di timnas Inggris U-21 dan U-23 sejak 2013 lalu.

Di level timnas, Southgate mendapat banyak pujian saat membawa Inggris melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018. Hanya saja, Inggris gagal melaju ke final usai kalah dari Kroasia dengan skor 2-1. Inggris juga kalah dari Belgia pada perebutan posisi ketiga.

Pria bernama lengkap Ahmed Houssam Abdelhamid alias Mido meyakini eks pelatihnya saat berada di Middlesbrough, Southgate, kurang memiliki kepribadian untuk menangani tim yang memiliki begitu banyak pesepak bola berbakat.

"Memang benar dia selalu mengatakan hal yang benar di media dan mungkin itu sebabnya dia mempertahankan pekerjaannya begitu lama, tapi percayalah, dia gagap setiap kali ada yang tidak beres pada paruh waktu. Pemain merasakan ketakutannya!," lanjut Mido.

Sementara itu, Mido menjelaskan lebih merinci selama berada di bawah komando Southgate. Ia menilai Southgate merupakan sosok pelatih yang kurang tenang ketika kondisi tim sedang berada di bawah tekanan.

"Saran saya untuk FA adalah pergi dan dapatkan Mourinho sebagai pelatih kepala Anda dan tunjuk Southgate sebagai ketua FA. Keduanya sempurna untuk pekerjaan itu. Singkirkan Southgate dari para pemain sejauh yang Anda bisa."

The Boro, julukan Middlesbrough terdegradasi di bawah kepemimpinan Southgate pada musim 2008/2009 setelah memulai perjalanan suram hanya dengan satu kemenangan dalam 18 pertandingan.

Meskipun demikian, ia diumumkan sebagai pengganti Roy Hodgson setelah menikmati kesuksesan dengan tim Inggris U-21.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement