Senin 16 Nov 2020 20:15 WIB

Mustafi Masuk Radar Barcelona

diproyeksikan menjadi solusi jangka pendek dalam mengatasi minimnya opsi pemain Barca

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Shkodran Mustafi
Foto: reuters
Shkodran Mustafi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Buntunya negosiasi perpanjangan kontrak antara Shkodran Mustafi dengan manajemen Arsenal kabarnya siap dimanfaatkan Barcelona.

Bek tengah berusia 28 tahun itu masuk dalam radar Blaugrana dan diproyeksikan menjadi solusi jangka pendek dalam mengatasi minimnya opsi pemain di jantung pertahanan tim asal Katalan tersebut.

Kontrak Mustafi dengan Barcelona akan berakhir pada Juni 2021. Namun, hingga kini, berbagai tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Arsenal terus ditolak oleh bek asal Jerman tersebut.

Mustafi dikabarkan belum mau menandatangani kontrak baru apabila belum mendapatkan jaminan tampil secara reguler di tim utama The Gunners.

Terlepas dari cedera lutut, yang dialaminya pada awal musim ini, Mustafi hanya tampil di empat laga di semua ajang. Meski telah pulih dari cedera, Mustafi dianggap menjadi pilihan ketiga dalam mengisi satu tempat di jantung pertahanan The Gunners.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, lebih cenderung memilih menurunkan Gabriel Magalhaes, David Luiz, ataupun Rob Holding di posisi bek tengah.

Kondisi ini pun membuat Mustafi tengah bersiap mencari klub baru pada jendela transfer musim dingin mendatang. Kondisi ini yang siap dimanfaatkan Barcelona. Blaugrana siap memboyong Mustafi pada bursa transfer Januari mendatang.

Mustafi dinilai cukup layak mengisi satu pos di jantung pertahanan Blaugrana pada paruh kedua musim ini, terutama dari segi pengalaman tampil di La Liga.

''Bek tengah yang saat ini masuk radar Barcelona adalah Mustafi. Dia sudah berpengalaman tampil di Liga Spanyol, saat memperkuat Valencia pada 2014 hingga 2016. Tidak hanya itu, kiprahnya di London juga sudah mulai redup."

"Sepertinya, dia tidak akan memperpanjang kontrak bersama Arsenal, dan tim asal London Utara itu akan memilih melepasnya pada bursa transfer pertengahan musim ini,'' tulis laporan Sports, Senin (16/11).

Sebelumnya, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sempat mengakui, alih-alih mendatangkan gelandang serang anyar demi menggantikan peran Ansu Fati, yang mengalami cedera lutut, Barcelona akan tetap berupaya mendatangkan striker dan bek tengah pada jendela transfer berikutnya.

Kehadiran striker diharapkan bisa menjadi pengganti Luis Suarez, sementara bek tengah anyar dibutuhkan Barcelona untuk bisa meningkatkan kedalaman skuat Barcelona di posisi jantung pertahanan.

Saat ini, Koeman memang hanya memiliki tiga bek tengah, yaitu Gerard Pique, Clement Lenglet, dan Ronald Araujo. Pelatih asal Belanda itu memilih tidak menyertakan Samuel Umtiti di skuat Barcelona lantaran dinilai tidak masuk dalam skema permainannya.

Kendati begitu, Mustafi bukan satu-satunya pemain yang masuk dalam pertimbangan Barcelona. Bek Chelsea, Antonio Rudiger, dan bek tengah Liverpool, Joel Matip, disebut-sebut masuk dalam radar Barcelona.

Namun, khusus untuk Matip, upaya Barcelona agaknya akan menemui kendala. Pasalnya, Liverpool tengah diterpa badai cedera pemain, terutama di posisi bek tengah. Alhasil, Liverpool tentu tidak mau melepas bek tengah mereka pada paruh kedua musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement