Senin 16 Nov 2020 18:33 WIB

Beda Muslim yang Gemar Bertasbih dan yang tidak Pernah

Alquran menyebutkan keutamaan mereka yang kerap bertasbih

Alquran menyebutkan keutamaan mereka yang kerap bertasbih. Bertasbih. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Alquran menyebutkan keutamaan mereka yang kerap bertasbih. Bertasbih. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam Alquran digambarkan tentang makhluk yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah SWT. 

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ''Telah bertasbih semua makhluk yang ada di langit dan di muka bumi kepada Allah SWT. Dialah Zat Yang Mahamulia dan Bijaksana.'' (QS 61: 1).

Baca Juga

Mengomentari ayat di atas, pakar tafsir, Al-Maraghi, dalam tafsirnya mengemukakan dua hal mengenai tasbih ini, yaitu tasbih kepada nama-Nya dan tasbih kepada zat-Nya. Tasbih kepada nama dan zat-Nya karena manusia mensyukuri kekuasaan dan keadilan Allah menciptakan alam (tata surya) dan manusia begitu teratur dan sempurna.

Struktur alam yang teratur membuat manusia dapat hidup dengan nyaman dan tenang. Sinar terik matahari tidak diberikan dalam temperatur yang menghanguskan bumi. Bumi yang luas, bulat, dan berputar tidak diciptakan buat manusia menjadi bergoyang sempoyongan. 

Demikian pula manusia diciptakan dalam struktur dan ruas tubuh yang tertata, lekuk urat, engsel siku, lutut, dan jari begitu mudah bergerak membuat manusia nyaman beraktivitas menapaki kehidupan.

Manusia yang selalu bertasbih kepada Allah SWT akan terlahir dalam dirinya sikap sadar diri akan kebesaran dan kesucian Allah. Dengan demikian, mendorong diri yang bersangkutan bersikap optimistis, bertanggung jawab, cerdas berpikir, dan bekerja keras berjuang dengan optimal membangun kehidupan di muka bumi.

Dalam hal ini, manusia tidak pernah curiga pada Allah, tapi selalu bergetar hati dan akalnya untuk bertasbih pada-Nya bahwa pasti Allah berbuat adil dan menolong manusia yang senantiasa mencoba meraih kesuksesan dan prestasi. Firman-Nya:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“ (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”  (QS 3: 191).

Sayangnya masih banyak manusia yang tidak bertasbih (menyucikan Allah). Mereka bersikap curiga dan menilai kepada Allah tidak berlaku adil (berbuat diskriminasi) kepada makhluk-Nya di muka bumi.

Manusia demikian jelas tidak produktif, congkak, dan merasa diri benar (suci). Padahal, hatinya sudah mati dan kehilangan energi menyucikan Allah (tasbih), sehingga tidak berdaya lagi menyemangati kehidupannya demi kemaslahatan umat. Karena itu, sungguh berbahaya orang yang tidak bertasbih. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement