Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Macron: Eropa Harus Berdaulat di Bidang Pertahanan

Senin 16 Nov 2020 07:50 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

 Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara melalui telepon kepada Presiden terpilih AS Joe Biden, di Istana Elysee di Paris, Selasa, 10 November 2020.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara melalui telepon kepada Presiden terpilih AS Joe Biden, di Istana Elysee di Paris, Selasa, 10 November 2020.

Foto: AP/Ian Langsdon/ POOL
Menurut Macron Eropa tetap harus punya strategi pertahanan yang mandiri dan berdaulat

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Eropa tetap harus memiliki strategi pertahanan yang mandiri dan berdaulat. Hal ini ia sampaikan pada jurnal geopolitik Le Grand Continent yang dirilis Senin (16/11).

Dalam wawancaranya itu, Macron mengomentari tulisan Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer di situs berita Politico 2 November lalu. Saat itu Kramp-Karrenbauer menulis di masa yang akan datang pertahanan Eropa masih dependen terhadap proteksi militer Amerika Serikat (AS).

"Saya sepenuhnya tidak setuju dengan artikel opini yang ditulis Menteri Pertahanan Jerman di Politico," kata Macron, seraya menambahkan ia yakin Kanselir Jerman Angela Merkel sepakat dengannya dalam isu ini.

"Amerika Serikat hanya akan menghormati kami sebagai sekutu jika kami serius dengan posisi kami dan kami memiliki kedaulatan dalam pertahanan kami," kata Macron.

Macron sudah berbicara dengan presiden terpilih AS Joe Biden pada 10 November lalu. Saat itu Macron mengatakan pada Biden ia akan bekerja sama dengannya dalam isu perubahan iklim, kesehatan, dan memerangi terorisme.

"Kami harus melanjutkan pembangunan otonomi kami sendiri, seperti yang dilakukan Amerika Serikat, dan seperti yang dilakukan China," tambah Macron.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA