Senin 16 Nov 2020 06:36 WIB

Tiga Tiket Semifinal Liga A Ditentukan pada Laga Terakhir

Baru Prancis yang memastikan lolos ke empat besar Liga A UEFA Nations League.

UEFA Nations League
Foto: EPA-EFE/SALVATORE DI NOLFI
UEFA Nations League

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak empat besar dan final UEFA Nations League 2020/21 akan berlangsung pada Oktober 2021. Dengan satu putaran pertandingan penyisihan grup tersisa, baru Prancis satu-satunya negara yang secara matematis lolos ke semifinal.

Les Bleus memastikan perjalanan mereka ke Final Four setelah menaklukkan juara bertahan UEFA Nations League Portugal 1-0 pada Ahad (15/11) dini hari WIB. Gol pada babak kedua dari N'Golo Kante memastikan les Bleus mencapai empat besar turnamen edisi kedua ini.

Baca Juga

Dengan satu pertandingan tersisa di Grup A3, Prancis unggul tiga angka atas Portugal. Andai Prancis kalah dan Portugal menang pada laga terakhir, tim asuhan Didier Deschamps tetap lolos karena unggul head-to-head atas Cristiano Ronaldo dkk.

Grup A1

Segalanya terbuka lebar di Grup 1 dengan tiga negara masih berpeluang maju. Italia di posisi terdepan dengan sembilan poin menyusul kemenangan kandang 2-0 atas Polandia pada Senin (16/11) dini hari WIB. Azzurri menghadapi Bosnia-Herzegovina yang sudah terdegradasi ke Liga B. Kemenangan menjamin posisi di empat besar. Jika pasukan Roberto Mancini gagal menang, Belanda (8 poin) atau Polandia (7 poin) yang bertemu pada Kamis (19/11) dini hari WIB, bisa menggantikan lolos.

Grup A2

Belgia berada di puncak klasemen setelah mengalahkan Inggris 2-0, sementara Denmark berada di posisi kedua dengan mengantongi kemenangan 2-1 atas Islandia. Belgia menjamu Denmark di kandang pada Kamis dini hari WIB dengan kemenangan atau hasil imbang cukup bagi Setan Merah melaju. Namun jika tim asuhan Roberto Martinez takluk, Denmark yang akan lolos ke semifinal. Inggris keluar dari persaingan dan Islandia sudah pasti degradasi k e Liga B.

Grup A4

Wakil Grup A4 juga akan ditentukan pada pertandingan terakhir saat Jerman menghadapi Spanyol di Sevilla. Hasil imbang atau kemenangan yang cukup bagi tim tamu maju. La Roja membuang peluang untuk menempatkan posisi di atas Jerman setelah hasil imbang 1-1 saat bertandang ke Swiss pada Ahad dini hari WIB.

Saat ini, belum bisa dipastikan siapa yang akan menjadi tuan rumah pertandingan final four pada Oktober 2021. UEFA diharapkan akan mengumumkan negara tuan rumah segera, yang akan dipilih dari salah satu dari empat semifinalis. Pada 24 September 2020, UEFA mengumumkan bahwa Italia, Belanda, dan Polandia telah menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

sumber : AS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement